Asnawi Mangkualam Tempati Posisi Baru di Timnas Indonesia U-19

Oleh Aditya Wany pada 02 Jul 2018, 15:45 WIB
Asnawi Mangkualam Timnas Indonesia U-19

Bola.com, Sidarjo - Asnawi Mangkualam tidak tampil sebagai gelandang seperti biasa saat membela Timnas Indonesia  U-19. Dia diturunkan sebagai bek kanan dalam laga pertama Piala AFF U-19 2018 kontra Laos di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Minggu (1/7/2018).

Itu merupakan untuk kali pertama pemain bernomor punggung 20 itu bermain sebagai bek kanan. Dia menggantikan Rifad Marasabessy yang saat ini masih dalam kondisi cedera. 

Indra pun memuji permainan Asnawi dengan posisi barunya itu. Menurutnya, pemain milik PSM Makassar itu tampil bagus dengan menunjukkan kualitasnya dan sangat sesuai dengan harapan. 

“Saya sudah bicara dengan dia mengenai posisi barunya dan dia bilang senang bisa mendapat kesempatan ini. Saya tidak tahu pelatih klubnya memasang dia di posisi sekarang. Tapi, di timnas U-19 dia akan bermain di situ,” ungkap Indra. 

Hasilnya, Asnawi mampu menampilkan permainan yang cukup apik. Dia kerap membantu lini serang dengan melakukan penetrasi dari sisi sayap dan juga melakukan umpan silang.

Indra mengatakan punya banyak pertimbangan untuk memasang Asnawi di posisi yang berbeda. Bagi Indra, ini bukan merupakan kali pertama buatnya mengubah posisi asli pemain asuhannya. 

“Apa yang saya lakukan sama dengan Fadil Sausu (saat masih menjadi pelatih Bali United). Saya ubah dia dari bek menjadi holding midfielder. Saya jamin Asnawi akan jadi full back yang bagus nanti dalam beberapa pertandingan di sini,” imbuh Indra.