PSM Sulit Tampil Konsisten di Liga 1 2018

Oleh Abdi Satria pada 05 Jul 2018, 20:45 WIB
PSM Makassar

Bola.com, Bantul - Pelatih PSM Makassar, Robert Alberts, kembali melontarkan kritik kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) terkait pengaturan jadwal Gojek Liga 1 bersama Bukalapak. Hal ini mengacu libur kompetisi selama satu bulan karena Idulfitri.

"Liga di Indonesia agak aneh, di mana saat tengah putaran pertama kompetisi ada libur hampir sebulan. Ini membuat klub kesulitan mengatur performa pemain," ujar Robert pada jumpa media di Bantul, Kamis (5/7/2018).

Roberts mengambil contoh di PSM. Menurutnya, sebelum libur penampilan tim dan pemain sedang menanjak sehingga bertengger di posisi puncak klasemen sementara. "Setelah libur, kami seperti baru kembali berkompetisi," kata Robert.

Situasi yang dialami PSM kian sulit karena setelah libur harus melakoni empat laga tandang plus satu kali menjamu lawan di luar Makassar sepanjang Juli ini. Empat laga laga tandang itu menghadapi tuan rumah Persija Jakarta (6/7/2018), Bali United (11/7/2018), PSMS Medan (23/7/2018), dan PSIS Semarang (30/7/2018).

Sementara satu laga lainnya, PSM bertindak sebagai tuan rumah saat menjamu Bhayangkara FC (15/7/2018). Hanya saja karena penerangan lampu Stadion Andi Mattalatta Mattoangin dinilai tidak layak, maka Juku Eja harus menjamu lawan di luar Makassar. Saat ini, manajemen PSM sudah menghubungi pihak Bali United untuk meminjam Stadion I Wayan Dipta.

Fakta ini diakui Robert membuat PSM sulit tampil konsisten, termasuk saat dijamu Persija di Stadion Sultan Agung Bantul. "Di Liga 1 ini tidak ada laga yang mudah. Apalagi dalam situasi seperti ini. Jadi saya lebih fokus menjaga mental pemain di setiap pertandingan," keluh Robert.