Todd Rivaldo Ferre, Mirip Neymar Tanpa Guling-guling

Oleh Wiwig Prayugi pada 07 Jul 2018, 22:15 WIB
Diperbarui 07 Jul 2018, 22:15 WIB
Todd Rivaldo Ferre

Bola.com, Sidoarjo - Todd Rivaldo Ferre, menunjukkan aksi ciamik saat Timnas Indonesia U-19 mengalahkan Vietnam 1-0. Gerakannya yang meliuk-liuk mengingatkan kita pada sosok Neymar. 

Timnas Indonesia U-19 menunjukkan kesabaran luar biasa untuk bisa menjebol gawang Vietnam pada matchday keempat penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2018, Sabtu (7/7/2018), di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

Duel kedua tim berlangsung ketat sejak menit awal. Pada babak pertama, Indonesia malah minim peluang walau menguasai jalannya pertandingan.

Indonesia menang 1-0 berkat gol Rafli Mursalim pada menit ke-80. Kerja sama apik dan kesabaran tim Garuda Muda, serta pergantian pemain yang efektif menjadi kunci kemenangan Indonesia.

Dalam duel tersebut, Todd Ferre sukses menjadi pemecah kebuntuan. Pemain Persipura U-19 ini menjadi pembeda setelah diturunkan pada babak kedua menggantikan Luthfi Kamal Baharsyah.

Masuknya Todd membuat serangan Indonesia lebih variatif dengan aksi meliuk-liuk. Ia mampu meloloskan diri dari kepungan beberapa pemain lawan.

Terpenting, hadirnya Todd membuat konsentrasi pemain belakang Vietnam sedikit buyar setelah pada babak pertama tampil sangat disiplin.

Todd membuka jalan bagi Indonesia untuk mencetak gol. Ia melakukan aksi individu yang apik dengan melewati enam pemain Vietnam. Todd melepaskan tendangan keras namun bola mengenai tiang.

Rafli Mursalim yang berdiri di kotak penalti Vietnam langsung menyambar bola dan melepaskan tembakan keras menjebol gawang Vietnam yang dikawal Y E Li Nie. Gol itu pun menjadi sangat berarti bagi Timnas Indonesia U-19

2 dari 2 halaman

Memecah Konsentrasi

Todd Rivaldo
Gelandang serang Todd Rivaldo Ferre tampil penuh dalam laga melawan Laos dalam Grup A Piala AFF U-19 2018 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Minggu (1/7/2018). (Bola.com/Aditya Wany)

Pemain kelahiran 15 Maret 1999 itu termasuk satu di antara sekian banyak pemain Indonesia yang mendapatkan tekel keras dari pemain Vietnam. Apalagi setelah berhasil memberikan ancaman, Todd lebih sering dilanggar hingga terjatuh. 

Namun, Todd menunjukkan sportivitasnya. Valentino Simanjuntak dan Binder Singh yang mengawal siaran langsung duel tersebut, menyebut Todd mengingatkan pada sosok Neymar. Namun, Todd tanpa berguling-guling alias pura-pura cedera.

Memang, setelah ditekel atau didorong, Todd langsung bergegas melanjutkan pertandingan. Sedikit lengah akan membuat posisi Indonesia tertekan mengingat laga tersebut sangat ketat.

Selain menjadi pembeda, Todd juga mencetak sejarah sebagai pemain papua pertama dalam Timnas U-19 era Indra Sjafri yang tampil pada Piala AFF, dan mencetak gol pertamanya saat bersua Filipina.

Kemenangan 1-0 atas Vietnam membawa Timnas Indonesia U-19 ke semifinal setelah mengumpulkan 12 poin. Indonesia masih akan menghadapi Thailand pada 9 Juli di Sidoarjo.

Tentu, publik sepak bola Indonesia masih terus menanti aksi-aksi ciamik pemain Garuda Nusantara pada laga-laga selanjutnya.

Lanjutkan Membaca ↓