Lolos ke Semifinal Piala AFF U-19 2018, Pemain Indonesia Bisa Tidur Nyenyak

Oleh Aditya Wany pada 07 Jul 2018, 22:50 WIB
Diperbarui 07 Jul 2018, 22:50 WIB
Timnas Indonesia U-19 vs Timnas Vietnam U-19

Bola.com, Sidoarjo - Timnas Indonesia U-19 akhirnya mengunci tiket semifinal Piala AFF U-19 2018 di matchday keempat penyishan Grup A. Tim Garuda Nusantara berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 (0-0) di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu malam (7/7/2018).

Dengan kemenangan ini, koleksi poin yang dimiliki Timnas Indonesia U-19 sudah tidak mungkin terkejar Vietnam, yang berada di peringkat ketiga. Indonesia sudah punya 12 poin, sementara Vietnam baru tujuh poin, dan hanya menyisakan satu laga saja.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, menyebutkan anak asuhnya bermain pantang menyerah untuk mencetak gol di laga ini. Vietnam pun berani memberikan perlawanan terhadap permainan tim tuan rumah.

"Hasil ini sangat penting untuk kami. Sekarang semua pemain bisa tidur dengan nyenyak. Kami memetik pelajaran baru, pemain tidak boleh pantang menyerah untuk terus mencetak gol," kata Indra seusai pertandingan.

Gol tunggal laga ini disumbang striker M. Rafli Mursalim pada menit ke-81. Rafli baru masuk pada menit ke-65 setelah menggantikan Feby Eka Putra yang mengalami cedera.

Kemenangan ini juga membalas kekalahan yang diderita Indonesia pada edisi tahun lalu, yang tumbang 0-3 dari Vietnam. Selain itu, Indonesia juga mencatatkan kemenangan pertama atas Vietnam dalam turnamen serupa.

Indonesia unggul dalam penguasaan bola dengan mencatatkan 63 persen. Namun, total tembakan yang mereka bukukan justru masih kalah dari Vietnam. Indonesia punya tujuh tembakan, sementara Vietnam memiliki 11 tembakan.

"Kami bermain dengan hati dan mendapat dukungan penuh dari suporter. Ini sangat penting buat untuk meneruskan perjalanan di turnamen ini," imbuh pelatih asal Sumatra Barat itu.

Di laga terakhir, Timnas Indonesia U-19 bakal meladeni Thailand di stadion yang sama, Senin (9/7/2018). Laga ini menjadi penentuan bagi Thailand yang mengemas 10 poin, untuk mengamankan tiket semifinal.