Timnas Indonesia U-19 Dapat Tambahan Semangat dari Cak Nun

Oleh Aditya Wany pada 08 Jul 2018, 02:45 WIB
Diperbarui 08 Jul 2018, 02:45 WIB
Emha Ainun Najib

Bola.com, Sidoarjo - Tribune VVIP Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, mendadak ramai sesaat sebelum laga Timnas Indonesia U-19 melawan Vietnam, Sabtu malam (7/7/2018). Penyebabnya, hadir satu sosok yang publik figur yang ikut menonton duel matchday keempat penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2018 ini.

Sosok itu adalah Emha Ainun Najib atau yang akrab disapa Cak Nun. Penonton yang berada di tribune VIP yang terletak hanya beberapa meter dari Cak Nun pun lekas mengabadikan momen tersebut.

"Ini saya hadir bersama istri saya, Novia (Kolopaking), dan juga anak-anak. Saya kebetulan ada beberapa acara di Jawa Timur, sebelumnya di Lamongan dan Kediri, jadi harus mampir ikut memberikan dukungan untuk timnas," kata pria 65 tahun itu kepada awak media.

Cak Nun merupakan sosok yang cukup dihormati di beberapa kalangan, terutama forum Bang Bang Wetan. Dia kerap datang ke beberapa tempat di daerah memberikan ceramah mengenai banyak hal.

Sejak awal Piala AFF U-19 2018, Cak Nun mengaku ingin datang ke setiap pertandingan. Hanya, agenda yang dimilikinya tidak memungkinkan untuk hadir di tiga pertandingan sebelumnya.

"Saya kemarin sudah ketemu dengan coach Indra Sjafri dan sempat ngobrol-ngobrol. Intinya, kami semua mendoakan agar Indonesia bisa tampil terbaik dan terus menang," imbuh pria kelahiran Jombang itu.

Cak Nun dan Timnas Indonesia U-19, khususnya sang pelatih Indra Sjafri, memang memiliki kedekatan. Saat Rafli Mursalim dkk. menjalani pemusatan latihan di Yogyakarta, Cak Nun kerap hadir memberi dukungan termasuk menggelar doa maupun renungan bersama.

Selain Cak Nun, Timnas Indonesia U-19 juga mendapatkan dukungan langsung dari Via Vallen. Pendangdut kelahiran Surabaya itu berada di tribune VIP saat menyaksikan Indonesia menang 4-0 atas Singapura (3/7/2018).