Sukses


Catatan Impresif Muhammad Riyandi bersama Timnas Indonesia U-19

Bola.com, Sidoarjo - Muhammad Riyandi punya satu catatan unik selama berseragam Timnas Indonesia U-19. Catatan ini melibatkan hasil yang diraih Garuda Nusantara saat Riyandi bermain.

Timnas Indonesia U-19 tidak pernah kalah di Piala AFF U-19 2018 saat Riyandi ditugaskan menjaga gawang. Catatan itu sudah terjadi dalam empat laga terakhir dan Indonesia mampu menyapu bersih kemenangan di Grup A Piala AFF U-19 2018.

Catatan ini juga berlaku pada turnamen yang sama edisi tahun lalu, saat Riyandi melakoni debut. Penjaga gawang milik Barito Putera ini tampil penuh dalam dua pertandingan awal Piala AFF U-19 2017 dan Indonesia pun selalu menang.

"Saya malah tidak tahu kalau ada catatan seperti ini. Saya sangat bersyukur kalau Indonesia selalu menang saat saya tampil. Saya selalu berusaha tampil maksimal saja setiap laga sampai akhir turnamen," kata kiper kelahiran Bogor itu.

Terdapat satu pengecualian laga yang dimainkan Riyandi. Hal itu terjadi pada di pertandingan ketiga penyisihan Grup B Piala AFF U-19 2017 saat melawan Vietnam (11/9/2017).

Skor akhir laga itu berakhir 3-0 untuk Vietnam. Tetapi, Riyandi hanya sempat bermain selama 39 menit saja karena mengalami cedera anterior cruciate ligament (ACL) dan belum ada gol yang tercipta.

Aqil Savik pun tampil sebagai pengganti untuk mengawal gawang Timnas Indonesia U-19. Hanya, dia gagal meneruskan penampilan apik Riyandi sehingga kebobolan tiga gol dan itu menjadi satu-satunya kekalahan Indonesia di ajang tersebut.

Penampilan impresif Riyandi di turnamen kali ini seolah telah menjadi comeback setelah dibekap cedera dalam beberapa bulan. Dia telah membukukan 12 penyelamatan dari empat pertandingan.

2 dari 2 halaman

Lebih Suka Merendah

"Saya tidak ingin mengatakan ini kerja saya sendiri, semuanya berkat permainan tim. Yang pasti, kami semua ingin selalu tampil terbaik. Semua pemain sudah punya target jelas, yaitu menjadi juara pada tahun ini," imbuh kiper berusia 18 tahun itu.

Muhammad Riyandi, kiper Timnas Indonesia U-19. (Bola.com/Aditya Wany)

Di laga terakhir penyisihan Grup A melawan Thailand (9/7/2018), Riyandi kemungkinan tidak akan diturunkan. Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, mengindikasikan akan mengistirahatkannya mengingat selalu tampil penuh dalam empat laga beruntun.

Apalagi, Timnas Indonesia U-19 juga telah menggenggam tiket semifinal. "Riyandi bisa main, bisa tidak. Tapi, dia sudah main empat pertandingan dan saya akan melakukan rotasi," kata Indra.

Video Populer

Foto Populer