Sukses


Harapan Indra Sjafri Jelang Babak Final Nasional AQUADNC

Bola.com, Jakarta - Ajang bergengsi babak final nasional AQUA Danone Nations Cup (AQUADNC) bakal berlangsung di GOR Soemantri Brojonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan, 20-21 Juli 2018. Event tersebut menyedot perhatian Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri.

Sebanyak 16 tim sepak bola kategori umur 12 tahun (U-12) akan berjibaku guna mendapatkan status juara, yang bisa mengantar mereka ke Spanyol tahun depan. Indra Sjafri mengaku 'deg-degan' menunggu hasil dari fase terakhir tingkat nasional tersebut.

Alasan mantan pelatih Bali United tersebut berlatar dari ragam kejutan yang bisa tercipta usai turnamen. Hal tak terduga tersebut adalah banyaknya alumni AQUADNC yang berhasil menjadi bintang di persepakbolaan nasional, dan penggawa timnas Indonesia.

Tak pelak, Indra Sjafri mengaku senang dengan seluruh proses yang sudah menghasilkan 16 tim terbaik guna berjibaku di level nasional. Ia menilai, kejuaraan ini bisa menjadi wadah menemukan pemain-pemain timnas di masa depan.

"Kami harus mengapresiasi panitia penyelenggara yang menjadi ajang untuk melahirkan tulang punggung timnas karena ini berkaitan dengan usia dini," kata Indra Sjafri.

Pelatih yang juga alumni Universitas Andalas ini menganggap, Indonesia masih harus intens melakukan pembinaan usia muda. Baginya, menangani pemain belia tak boleh sembarangan.

"Ada tahapan, dari usia 10 tahun, 13 tahun dan ini sangat membantu sekali. Saya berharap pemain-pemain ini bisa menjadi generasi baru yang berkualitas," tegas Indra Sjafri.

Marketing Manager AQUA, Jeffri Ricardo menyebut, 16 tim yang akan berlaga di fase final nasional AQUADNC adalah yang terbaik dari masing-masing regional. Ia berharap, setiap pertandingan bakal berlangsung seru, menarik dan menghasilkan pemain-pemain yang punya potensi tinggi menjadi pesepak bola handal.

Hasil drawing hari ini, Grup A berisi tim Banten, Sumatera Utara, Aceh dan Kepulauan Riau. Grup B terdiri dari Jakarta, Jawa Barat 1, Jawa Barat 2 dan Jawa Tengah. Sementara Grup C diisi Bali, Kalimantan Timur, Jawa Timur 2 dan Jawa Timur 1. Terakhir, Grup D ada Papua, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat dan Sulawesi Utara.

Pengaruh kepada perkembangan sepak bola nasional juga sudah terlihat. AQUADNC telah melahirkan talenta-talenta muda Indonesia yang berhasil mewujudkan mimpi menjadi pesepakbola profesional, serta penggawa timnas Indonesian, seperti Andik Vermansah, Evan Dimas, Rasyid Bakri, Paolo Sitanggang, dan Muchlis Hadi Ning Syaifulloh.

Penulis: Fitri Apriani

 

Video Populer

Foto Populer