Sukses


Pemain Timnas Indonesia U-16 Hanya Boleh Main HP 2 Jam Setiap Hari

Bola.com, Sidoarjo - Jajaran pelatih Timnas Indonesia U-16 memberlakukan aturan ketat untuk pemainnya. Satu di antaranya adalah pembatasan penggunaan telepon genggam (HP) pemain.

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini, menuturkan setiap pemain hanya diberi waktu untuk memegang handphone selama dua jam saja dalam satu hari. Selain jatah waktu itu, handphone mereka akan dikumpulkan.

"Kami memberikan kesempatan untuk mereka pada jam 10.00 hingga 12.00. Kalau di saat hari pertandingan, aturannya diberlakukan pada jam 08.00 hingga jam 10.00. Buat saya, HP itu adalah salah satu musuh terbesar saya," ungkap pelatih 53 tahun itu.

Di era digital seperti saat ini, godaan memainkan telepon seluler sangat besar. Apalagi, pemain muda berusia remaja sangat mungkin kecanduan bermain, semisal di akun media sosial atau bermain game, sehingga melupakan waktu untuk aktivitas lain.

"Saya tidak bisa membayangkan kalau mereka diberi kesempatan membawa HP selama 24 jam, mereka kemungkinan di dalam kamar akan bermain HP. Di dalam kamar, mereka perlu istirahat," imbuh Fakhri.

Selain itu, peraturan ini juga akan membuat antarpemain bisa mempererat kedekatan. Mereka bisa menjalin komunikasi secara langsung sehingga berdampak langsung pada kekompakan di lapangan.

Fakhri juga menyebutkan akan tetap ada satu kondisi di mana keluarga akan mengubungi pemain. Maklum, usia mereka yang begitu muda masih harus mendapat pantauan dari orang tua.

"Kesempatan untuk menghubungi keluarga terjadi dalam waktu dua jam itu. Di luar itu, jika ada kondisi darurat, saya sudah memberikan nomor telpon admin kami. Jadi, keluarga masih bisa tetap berkomunikasi," ungkap Fakhri.

Sebagai catatan, aturan terutama perihal penggunaan handphone di Timnas Indonesia U-16 ini mirip dengan yang diterapkan di Timnas U-19. Dalam jam-jam tertentu, terutama saat malam hari sebelum pemain kembali ke kamar dan tidur, mereka diminta mengumpulkan telepon genggam ke ofisial tim.

Video Populer

Foto Populer