Hamka Hamzah Siapkan Tipuan untuk Bek Persija

Oleh Iwan Setiawan pada 02 Agu 2018, 21:15 WIB
Hamka Hamzah (Arema)

Bola.com, Malang - Pelatih Arema FC, Milan Petrovic, sangat serius menyiapkan kapten timnya, Hamka Hamzah, sebagai striker utama saat menjamu Persija Jakarta pada laga pekan ke-19 Liga 1 bersama Bukalapak, Minggu (5/8/2018).

Hal itu terlihat dalam latihan di lapangan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Kamis sore (2/8/2018). Hamka digabungkan dalam grup striker untuk melahap porsi latihan penyelesaian akhir.

Mantan pemain Sriwijaya FC itu sama sekali tidak dilibatkan dalam sesi pertahanan Arema bersama Arthur Cunha dkk.

Dalam latihan penyelesaian akhir, Hamka beberapa kali memperlihatkan gocekannya sebelum melakukan tembakan ke gawang. Di awal latihan, akurasi tendangannya sering meleset. Tetapi, setelah panas, dia sering mencetak gol dengan beberapa tipuan yang membuat kiper mati langkah.

"Menghadapi Jamie da Silva dan Maman Abdurrahman, harus pakai gocekan. Biar mereka terkecoh nanti," katanya di sela latihan dengan nada bercanda.

Porsi latihan penyelesaian akhir pada Kamis sore tadi terlihat cukup menguras tenaga Hamka. Di pengujung latihan, dia sempat memegangi pinggangnya dengan ekspresi kelelahan.

Tetapi, Milan Petrovic dan rekan-rekannya tetap memberikan dukungan agar Hamka bisa maksimal menjalankan tugas sebagai target man. Mereka langsung bersorak ketika Hamka melakukan gocekan atau saat tembakannya menembus gawang.

Dari segi tenaga, Hamka memang tidak seperti 10 tahun silam. Tetapi, skill olah bolanya memang masih terlihat. Pemain 34 tahun ini juga tangguh dalam melindungi bola.

 

2 of 2

Tak Canggung

Seusai latihan, Hamka mengaku tidak canggung jika saat melawan Persija dia harus berusaha melewati pertahanan lawan. Justru ada keuntungan tersendiri karena dia sudah mengetahui karakter banyak pemain bertahan, seperti Maman dan Jaime.

"Saya tidak ada persiapan khusus. Urusan mencetak gol itu adalah naluri. Musim ini sudah empat gol saya cetak, itu waktu main sebagai pemain belakang di Sriwijaya FC," jelasnya.

Itulah mengapa saat melawan Persija, Hamka juga tidak ingin melewatkan kesempatan menambah pundi-pundi golnya. Dia merasa akan lebih senang jika Arema berhasil mengamankan tiga poin dari Persija. "Ini pertandingan besar. Tapi, yang terpenting kami harus dapat tiga poin," tegasnya.

Lanjutkan Membaca ↓