Pecundangi PSMS, Bhayangkara FC Jaga Keangkeran Stadion PTIK

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 03 Agu 2018, 20:29 WIB
Babak Pertama, Bhayangkara FC Unggul 2-0 atas PSMS

Bola.com, Jakarta - Bhayangkara FC meraih kemenangan 3-1 atas PSMS Medan di laga pekan ke-19 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak yang digelar di Stadion PTIK, Jakarta, Jumat (3/8/2018).

Kemenangan ini mempertegas soliditas The Guardians saat bermain di kandang. Sang juara bertahan Liga 1 belum terkalahkan di PTIK. Raihan positif membuat Paulo Sergio dkk. naik ke empat dari posisi delapan di klasemen sementara Liga 1 2018.

Bhayangkara FC berhasil membuka keunggulan saat laga baru berjalan tiga menit melalui gol yang dicetak oleh Sani Rizki Fauzi.

Pemain berusia 20 tahun itu melakukan penetrasi hingga ke depan kotak penalti PSMS, mengecoh tiga pemain bertahan lawan, dan melepaskan tembakan mendatar ke sudut kanan bawah gawang PSMS.

Begitu cepat tim tuan rumah membuka keunggulan tampaknya memengaruhi permainan kedua tim. Bhayangkara FC tampak begitu termotivasi sementara PSMS tampak terkejut dan tertekan.

Hasilnya hanya dalam selang waktu tiga menit, Paulo Sergio berhasil menggandakan keunggulan The Guardians.

Pemain asal Portugal itu mendapatkan umpan terobosan dari Herman Dzumafo dan mengontrol bola dengan luar biasa sembari mengecoh pemain bertahan PSMS dan melepaskan tembakan yang tak mampu dihalau oleh Abdul Rohim.

Tertinggal dua gol tampaknya membuat PSMS terbakar semangatnya untuk bisa bangkit. Tim tamu memberikan tekanan sepanjang sisa waktu di babak pertama. Namun, kedudukan 2-0 untuk keunggulan Bhayangkara FC bertahan hingga 45 menit pertama berakhir.

PSMS terus menekan di babak kedua. Bahkan tekanan tersebut memaksa pemain Bhayangkara FC untuk bekerja keras menjaga lini pertahanan agar tidak jebol.

Hasilnya Tim Ayam Kinantan mendapatkan penalti dari wasit pada menit ke-53. Reinaldo Lobo maju sebagai eksekutor tapi gagal menjalankan tugasnya karena penyelamatan baik yang dilakukan oleh kiper Bhayangkara FC, Wahyu Tri Nugroho.

Tekanan yang dilakukan PSMS Medan berbuah hasil pada menit ke-77 melalui gol yang dicetak Rahmat Hidayat. Memanfaatkan bola rebound hasil tembakan Shohei Matsunaga yang membentur tiang gawang Bhayangkara FC, Rahmat Hidayat menceploskan bola dengan mudah ke gawang tim tuan rumah.

Hanya terpaut satu gol membuat PSMS Medan semakin semangat untuk menyerang. Namun, justru Bhayangkara FC yang berhasil memperbesar lagi keunggulan menjadi 3-1 melalui gol yang dicetak Vendry Mofu pada menit ke-88.

Berawal dari penetrasi Herman Dzumafo di sisi kiri yang kemudian melepaskan umpan ke jantung pertahanan PSMS dan disambut dengan sontekan Vendry Mofu yang membuat bola masuk ke gawang tim tamu.

Keunggulan 3-1 yang diraih Bhayangkara FC bertahan hingga akhir pertandingan. Tren positif berhasil dipertahankan tim tuan rumah di Stadion PTIK. Kemenangan ini juga membawa tim asuhan Simon McMenemy ini naik ke peringkat keempat dalam klasemen Liga 1 2018 dengan 29 poin dari 19 laga.

2 of 2

Komposisi Pemain

Susunan Pemain Utama:

Sriwijaya FC (4-4-2): Wahyu Tri Nugroho (Kiper); Dany Saputra, Vladimir Vujovic, Jajang Mulyana, Alsan Sanda (Belakang); Lee Yu Jun, Adam Alis, Paulo Sergio, Sani Rizki Fauzi (Tengah); Herman Dzumafo, Marinus Wanewar (Depan)

Pelatih: Simon McMenemy

PSMS (4-4-2): Abdul Rohim (Kiper); Alexandros Tanidis, M. Roby, Reinaldo Lobo, Firza Andika (Belakang); Rahmat Hidayat, Abdul Aziz, Legimin Raharjo, Fredyan Wahyu Sugiantoro (Tengah); Shohei Matsunaga, Felipe Martins (Depan)

Pelatih: Peter Butler

Lanjutkan Membaca ↓