Sukses


Meski Melelahkan, Widodo Tetap Enjoy Menjalani Kursus AFC Pro

Bola.com, Bandung - Pelatih Bali United, Widodo Cahyono Putro, jadi satu di antara puluhan pelatih yang sedang menjalani kursus kepelatihan untuk mendapatkan lisensi AFC Pro. Sudah beberapa hari ini peserta kursus berada di Bandung, tepatnya sejak 15 hingga 30 Agustus 2018.

Peserta bolak-balik ke Stadion Si Jalak Harupat untuk melakukan observasi terhadap pertandingan-pertandingan Asian Games 2018 yang digelar di stadion yang berada di Soreang, Kabupaten Bandung, itu.

Selain mengobservasi, peserta kursus juga menganalisis jalannya pertandingan dan mencari solusi terkait permasalahan yang dihadapi pada situasi tertentu.

"Butuh fokus tinggi karena menganalisis sebuah pertandingan itu tidak mudah dan dituntut untuk menganalisis serta memecahkan masalahnya dengan cepat," tutur Widodo.

Meski hasil analisis tersebut baru dipresentasikan di kelas keesokan paginya, proses pembuatan materi analisis membutuhkan waktu berjam-jam.

Widodo mengaku mengerjakan tugas untuk bahan presentasinya itu dari malam hari hingga subuh.

"Kami berangkat ke stadion siang, setelah selesai presentasi dan diskusi. Pulang dari stadion sekitar jam 21.00. Sampai hotel istirahat sebentar, langsung mengerjakan tugas sampai dinihari," tutur Widodo.

Kendati sangat berat, Widodo tak mengeluh. Pasalnya, ia sudah mempersiapkan diri, baik fisik maupun mental untuk menjalani kursus ini.

"Kalau berat memang berat, tapi kami harus bisa beradaptasi. Sebab semua hal kalau bisa diadaptasi dan dibikin enjoy, akan berjalan dengan baik," ujarnya.

Widodo juga mengaku tak merasakan duka selama menjalani kursus tersebut. Pasalnya, ia berusaha tidak memikirkan hal-hal lain di luar kursus. Ia juga berusaha menikmati setiap waktu selama menjalaninya.

Video Populer

Foto Populer