Bek Kanan Persebaya Bersiap Menempuh Ujian Skripsi

Oleh Aditya Wany pada 20 Agu 2018, 16:15 WIB
Diperbarui 22 Agu 2018, 16:15 WIB
Abu Rizal Maulana

Bola.com, Surabaya - Tinggal selangkah lagi Abu Rizal Maulana akan resmi menyandang gelar sarjana. Bek kanan Persebaya Surabaya itu akan menjalani sidang skripsi pada Selasa (21/8/2018).

Pemain yang akrab disapa Rodeg itu saat ini masih berstatus sebagai mahasiswa aktif di jurusan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Surabaya. Dia merupakan mahasiswa angkatan 2013 di kampus itu.

"Saya seharusnya sudah sarjana beberapa tahun lalu. Tapi, karena waktu itu Persebaya membutuhkan saya, jadi saya tinggalkan sejenak," ungkap pemain asal Sampang tersebut.

Selama ini Rodeg membagi waktu kuliahnya dengan kesibukan menjadi pemain Persebaya. Pemain yang berstatus kapten ketiga Persebaya itu mulai aktif menjadi pemain profesional sejak musim lalu, saat Bajul Ijo tampil di Liga 2 2017.

Jika dilihat dari tahun masuk kuliahnya, Rodeg berarti sudah melewati 10 semester. Itu waktu yang tidak sebentar untuk seorang mahasiswa yang juga disibukkan sebagai pemain sepak bola.

Beruntung, jadwal ujian skripsinya bersamaan dengan agenda klub yang tidak terlalu padat. Kompetisi Gojek Liga 1 bersama Bukalapak saat ini sedang jeda karena penyelenggaraan Asian Games 2018.

"Saya berpikir sekarang sudah saatnya saya untuk menuntaskan dulu utang saya kepada keluarga, yaitu gelar sarjana," imbuh pemain berusia 23 tahun itu.

Selama bergabung Persebaya, Rodeg merupakan pilar utama andalan klub untuk mengisi posisi bek kanan. Dari 20 pertandingan di Liga 1, pemain bernomor 22 itu membukukan 19 penampilan dan menyumbang satu gol.