Menangi Uji Coba, Persipura Masih Belum Puas

Oleh Iwan Setiawan pada 28 Agu 2018, 20:15 WIB
Persipura Jayapura

Bola.com, Malang - Persipura Jayapura akhirnya bisa menjalankan program uji coba dalam pemusatan latihan di Kusuma Agro Wisata, Kota Batu, Selasa sore (28/8/2018). Tim berjulukan Mutiara Hitam itu menggelar uji coba melawan ASIFA Malang.

Hasilnya, Persipura menang telak 5-1. Namun, pelatih Persipura, Amilton da Silva Oliveira, belum puas. Dia melihat permainan pemain mudanya masih belum setara dengan pemain senior.

"Uji coba tadi memang pemain muda semua yang diturunkan. Tujuannya untuk melihat mana saja pemain muda yang layak untuk masuk line-up dalam kompetisi. Karena saat saya masuk jadi pelatih, belum banyak kesempatan bermain yang diberikan untuk pemain muda," tutur pelatih asal Brasil tersebut.

Dia melihat mayoritas pemain muda Persipura terlalu buru-buru dalam bermain. Meski menghadapi tim Liga 3, ketenangan pemainnya belum terlihat.

Faktor itu menjadi satu di antara penyebab kurang stabilnya Persipura musim ini sehingga Mutiara Hitam masih berkutat di papan tengah klasemen sementara Gojek Liga 1 bersama Bukalapak, tepatnya urutan ke-10.

"Saya belum puas dengan permainan pemain muda. Hanya ada beberapa pemain saja yang masuk kategori layak bermain bermain di tim senior. Tapi, kelihatan bermain kurang kombinasi dan lebih mudah emosi," jelasnya.

Amilton melihat hanya beberapa pemain saja yang memiliki potensi bagus, seperti Ronaldo Wanma, Elisa Basna, dan segelintir nama lainnya.

"Jadi kami harus beri kesempatan lebih banyak dalam uji coba untuk menambah jam terbang dan memperbanyak variasi permainan," lanjutnya.

Persipura akan menuntaskan program pemusatan latihan di Batu, Rabu (29/8/2018). Mereka bergeser ke Surabaya untuk menjalani uji coba pada 30 Agustus sebagai penutup pemusatan latihan.

Setelah itu esok harinya Persipura kembali ke Jayapura untuk fokus menghadapi lanjutan Liga 1 2018 melawan Sriwijaya FC pada 11 September di Stadion Mandala, Jayapura.