Alasan Arema Menggelar Uji Coba Tertutup Kontra Perseru

Oleh Iwan Setiawan pada 29 Agu 2018, 17:45 WIB
Diperbarui 31 Agu 2018, 17:15 WIB
Arema vs Perseru

Bola.com, Malang - Arema FC sudah mendapatkan lawan tanding pada akhir pekan ini (1/9/2018), yakni Perseru Serui yang kebetulan sedang pemusatan latihan di Malang.

Namun, uji coba yang rencananya digelar di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang tersebut, akan digelar tanpa penonton.

Alasannya, Arema tak ingin skema permainannya dibaca lawan. Selain itu, pemain diharapkan lebih fokus untuk menjalankan instruksi pelatih, Milan Petrovic.

"Uji coba ini adalah bagian teknis dari persiapan tim karena itu akan dibuat tertutup," kata media officer Arema, Sudarmaji.

Biasanya, saat uji coba melawan tim Liga 1 2018, Arema selalu membuka untuk pertandingan untuk umum. Bahkan ada tiket yang dijual untuk menambah pemasukan.

Namun, pengecualian untuk laga melawan Perseru. Manajemen Arema tidak banyak menginformasikan uji coba ini ke publik. Justru awak media mendapatkan agenda uji coba tersebut dari tim pelatih.

Kendati begitu, biasanya ada saja suporter yang menerobos masuk ke stadion, terutama Aremania yang ada di sekitar Stadion Kanjuruhan.

Tetapi, hal tersebut akan diantisipasi. Pihak pengelola stadion akan menutup rapat setiap pintu masuk. Hanya media saja yang diperbolehkan untuk melakukan peliputan uji coba ini.

Pelatih Arema, Milan Petrovic, menjelaskan uji coba ini sangat penting bagi timnya.

Selain mencoba skema untuk pertandingan terdekat di Liga 1 bersama Bukalapak (melawan Persib), dia juga memberikan kesempatan bermain untuk pemain muda karena masih ada beberapa pemain yang belum dapat kesempatan turun di laga resmi, seperti Jayus Hariono dan Agil Munawar.

 

2 of 2

Mengukur Progres

Tak hanya itu, Milan ingin mengukur sejauh mana progres persiapan timnya selama jeda kompetisi karena ini adalah uji coba pertama dengan tim selevel Liga 1.

"Uji coba ini juga untuk persiapan menghadapi Piala Indonesia 2018 karena 10 September nanti ada jadwal main di fase lanjutan," kata Milan.

Namun, saat ini masih belum diketahui tim mana yang akan jadi lawan Arema di Piala Indonesia karena akan ada pengundian lagi.

Yang jelas, lawan tersebut dari tim kasta kedua atau ketiga sehingga Arema akan menyimpan skuat utama untuk melawan Persib di Liga 1 pada 13 September.

Lanjutkan Membaca ↓