Menghindari Pensiun Dini, Ichsan Kurniawan Jalani Operasi Lutut Lagi

Oleh Riskha Prasetya pada 03 Sep 2018, 13:15 WIB
Diperbarui 03 Sep 2018, 13:15 WIB
Ichsan Kurniawan
Pemain Sriwijaya FC, Ichsan Kurniawan berlatih terpisah pada uji coba lapangan jelang melawan Arema FC pada laga delapan besar Piala Presiden 2017 di Stadion Manahan, Solo, Jumat (24/2/2017). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Bola.com, Palembang - Pemain Sriwijaya FC, Ichsan Kurniawan, akhirnya memutuskan naik meja operasi. Hal itu dilakukannya untuk menyelamatkan kariernya.

Ichsan beberapa waktu terakhir terus berjuang memulihkan cedera lutut di kaki kanannya dengan menjalani beberapa terapi. Namun, sejauh ini hasilnya belum memuaskan, hingga ia memutuskan menjalani operasi.

Operasi dilakukan hari ini, Senin (3/9/2018), di RS Royal Progress di kawasan Sunter, Jakarta Utara.

Operasi ini menjadi yang kedua bagi pemain asal Martapura OKU Timur ini. Pada 2016, Ichsan melakukan operasi serupa, namun di bagian lutut kaki kirinya.

Cedera kali ini didapat alumnus Sriwijaya FC U-21 ini seusai laga melawan Mitra Kukar (18/7/2018).

Setelah laga tersebut, meski masih bisa berlatih, ia mulai merasakan nyeri. Lantaran bingung dengan kondisi tersebut, Ichsan memutuskan melakukan MRI dan datang kepada Dr. Bobby Nelwan, yang banyak direkomendasikan pesepak bola lain sekaligus dokter yang menangani operasi pertamanya.

"Saya sempat melakukan terapi selama kurang lebih 10 hari dan MRI lagi, setelah itu baru diputuskan, tindakan yang terbaik adalah operasi. Tentu hal ini sempat membuat saya down, namun akhirnya setelah mendapat banyak dukungan, saya semangat lagi. Ini yang terbaik dan kesempatan untuk bermain setelah operasi ini masih mungkin dan sangat terbuka," ujar Ichsan, Senin (3/9/2018).

Menurutnya, fokusnya saat ini adalah menjalani semua tahapan penyembuhan cedera lututnya tersebut.

"Dulu saya sudah pernah menjalani semua ini dan Alhamdullilah, bisa sembuh. Sekarang pun masih sama keyakinannya. Targetnya di awal kompetisi musim depan sudah bisa bermain lagi. Mohon doanya dari seluruh pencinta Sriwijaya FC," ucapnya.

Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 2), Beragam Alasan untuk Bisa Bela Timnas Indonesia