Sukses


Bangun Kekompakan Tim, Arema Bergantung pada Hamka Hamzah

Bola.com, Malang - Program pemusatan latihan Arema FC yang diinginkan sang pelatih, Milan Petrovic, sudah pasti tak terealisasi. Sebagai gantinya untuk membangun kekompakan tim, sang pelatih kini bertumpu pada kapten tim, Hamka Hamzah.

Saat jeda kompetisi Gojek Liga 1 bersama Bukalapak, pemain dilanda kejenuhan karena satu bulan mereka tak merasakan atmosfer pertandingan selama penyelenggaraan Asian Games 2018.

"Sekarang saya terbantu oleh Hamka Hamzah. Dia membuat suasana tim bisa lebih enjoy karena dia selalu berkomunikasi dengan semua pemain, pelatih, dan manajemen," kata Milan.

Dalam sesi latihan, pemain kelahiran Makassar tersebut memang membuat suasana lebih rileks. Sebelum maupun sesudah latihan, dia sering membuat rekan-rekannya bisa tertawa lepas. Ada saja caranya untuk membangun kekompakan tim.

"Peran Hamka memang tidak hanya di lapangan saja, tapi di luar lapangan hingga ruang ganti juga sangat penting karena dia sudah berpengalaman menjalankan tugas sebagai kapten tim," kata pelatih berpaspor Slovenia itu.

Hamka memang sosok yang sangat disegani. Tidak hanya di Arema melainkan semua klub yang dibelanya. Khusus di Arema, dia punya tugas lebih berat karena posisi tim berjulukan Singo Edan ini sedang tidak stabil.

Sempat melesat ke papan tengah, namun kini Arema kembali terjebak di urutan ke-14 klasemen sementara Liga 1 2018.

Upaya Arema untuk bangkit juga tidak mudah karena lima pekan ke depan merekah harus bersua dengan tim tangguh seperti Persib Bandung, Madura United, Persipura Jayapura, Persebaya Surabaya dan PSM Makassar.

Hamka mengungkap mayoritas pemain yang baru bergabung dengan Arema masih belum siap mental menghadapi tekanan ini sehingga dia butuh waktu untuk memperbaiki semangat juang rekan-rekannya.

Dia menegaskan akan jadi pelindung pemain lain di dalam dan luar lapangan sehingga Rivaldi Bawuo dkk. merasa nyaman bermain di Arema. Imbasnya, semua potensi yang ada dalam skuat Singo Edan bisa dikeluarkan.

Video Populer

Foto Populer