Liga 1: Boaz Absen, Persipura Tundukkan Sriwijaya

Oleh Ahmad Fawwaz Usman pada 11 Sep 2018, 15:37 WIB
Liga 1: Persipura Jayapura vs Sriwijaya FC

Jakarta Melawan Sriwijaya FC pada pekan ke-21 Liga 1 2018, Persipura Jayapura harus bermain tanpa kehadiran Boaz Solossa. Meski begitu, Mutiara Hitam mampu meraih tiga poin lewat kemenangan 1-0 di Stadion Mandala, Jayapura, Selasa (11/9/2018) sore WIB.

Boaz terpaksa absen menjalani laga pekan ke-21 Liga 1 karena harus membela Timnas Indonesia pada uji coba. Namun, absennya Boaz terbukti tak mengurangi kekuatan anak asuh Amilton Da Silva Oliveira itu.

Tiga poin diamankan Persipura lewat kemenangan 1-0. Kemenangan itu membawa Persipura melesat ke urutan ketujuh klasemen sementara dengan 30 poin. Namun, masih ada kemungkinan Persipura kembali tergusur pekan ke-21 baru saja dimulai.

Jalan Pertandingan

Sebagai tuan rumah, Persipura memang mendominasi permainan sejak awal. Meski Liga 1 2018 telah rehat hampir sebulan, Persipura tak kesulitan dalam hal memainkan laga dengan tempo tinggi.

Pergerakan Addison Alves, Elisa Yahya Basna, Imanuel Wanggai, dan Prisca Womsiwor berulang kali merepotkan lini belakang Sriwijaya. Pada akhirnya, Persipura bisa memecahkan kebuntuan di menit ke-26.

Lewat serangan yang terorganisir, Basna pun melakukan operan kepada Womsiwor yang berdiri di dalam kotak penalti Sriwijaya. Dengan sedikit gerakan untuk mendapatkan ruang tembak, ia pun mengarahkan bola ke pojok kiri gawang Sriwijaya kawalan Teja Paku Alam.

Setelah skor berubah, tensi permainan pun semakin memanas. Di sisa waktu babak pertama, wasit Ikhsan Prasetya Jati sampai harus mengeluarkan tiga kartu kuning. Dua di antaranya untuk pemain Sriwijaya. Namun, sampai babak pertama rampung, skor tak berubah.

2 of 3

Babak Kedua

Di babak kedua, tim Mutiara Hitam nyaris menggandakan keunggulan. Adalah Womsiwor yang membuat pertahanan Laskar Wong Kito kerepotan. Sayang, tendangannya dari jarak dekat di menit ke-47 masih bisa ditepis kiper Sriwijaya.

Sriwijaya bermain lebih terbuka dan lebih cepat di babak kedua. Namun, strategi itu justru membuat Sriwijaya lebih sering mendapat serangan balik dari Persipura.

Salah satunya di menit ke-72 di mana Lucas Mandowen nyaris mencetak gol jika tendangannya dari depan gawang tak mengenai kaki Teja Paku Alam. Meski begitu, keunggulan 1-0 Persipura tak berubah hingga peluit panjang dibunyikan.

 

3 of 3

Susunan Pemain

Persipura: Dede Sulaiman; Yohanis Tjoe, Boas Atururi, Marcio Nascimento Rozario, Yustinus Pae, Ricardo Salampessy, Elisa Yahya Basna, Ian Louis Kabes, Prisca Elisa Womsiwor, Imanuel Wanggai, Addison Alves De Oliveira

Pelatih: Amilton Da Silva Oliveira

Sriwijaya: Teja Paku Alam; Goran Ganchev, Alan Hendrique, Mohamadou Alhadji Adamou, Syahrian Abimanyu, Esteban Vizcarra, Marckho Sandy Merauje, Yu Hyunkoo, Roby Andika, Muhammad Nur Iskandar, Alberto Goncalves

Pelatih: Subangkit

Lanjutkan Membaca ↓