Supriadi, Pemain Timnas Indonesia U-16 Ingin Ikuti Jejak Andik Vermansah

Oleh Aditya Wany pada 19 Sep 2018, 19:45 WIB
Supriadi Timnas Indonesia U-16

Bola.com, Jakarta - Tidak sia-sia M. Supriadi menjadikan Andik Vermansah sebagai pemain idolanya. Pemain Timnas Indonesia U-16 sudah menapaki jalan yang ditempuk Andik sebagai pemain Timnas Indonesia. 

Posisi keduanya pun sama, pemain sayap. Mereka juga sama-sama pemain didikan klub Surabaya. Namun, Supriadi merupakan pemain yang lahir dan besar di Surabaya. Berbeda dengan Andik yang lahir di Jember dan besar di Surabaya.

Supriadi mengaku sangat mengidolakan Andik sejak masa kecilnya. Semua itu diawali dengan pengalamannya sebagai anak gawang saat Andik masih diasah di kompetisi internal Persebaya Surabaya.

“Saya pernah jadi anak gawang saat Persebaya main. Dulu, waktu itu Persebaya masih ada Andik dan Taufik (Bali United),” kata pemain yang pernah bergabung dengan Rungkut FC itu. 

Berkat penampilan ciamik Andik itu, Supriadi ingin menjadi pemain sayap yang juga berkualitas dan memiliki. Saat itu, Andik memulai karier dengan moncer dari PON 2008 hingga menjadi penggawa Persebaya senior. 

Andik kemudian mulai dikenal publik nasional saat tampil di SEA Games 2011. Aksinya sebagai pemain sayap mengacak-acak pertahanan lawan mampu memukau Supriadi. 

“Sampai sekarang, saya masih mengidolakan Andik Vermansah. Dia larinya sangat cepat dan kuat. Itu yang menginspirasi saya untuk menjadi pemain sepak bola profesional,” imbuh Supriadi. 

Saat Persebaya diterpa dualisme, Andik Vermansah kemudian memilih untuk berkarier di Malaysia. Pemain berusia 26 tahun itu sempat bergabung dengan Selangor FA sebelum akhirnya menjadi Kedah FA musim ini. 

 

2 of 2

Andik Jadi Contoh

Indonesia vs Vietnam
Andik VErmansah akhirnya batal gabung Persebaya (Bola.com/Peksi Cahyo)

Andik bisa menjadi contoh bagi pemain sepak bola lokal bisa menjadi andalan klub luar negeri. Aksinya pernah berusaha melewati David Beckham juga mengundang decak kagum publik. 

Sebagai putra asli Surabaya, Supriadi sudah pasti mengidolakan Persebaya yang merupakan klub kebanggaan masyarakat Kota Pahlawan. Dia memang belum pernah bergabung dengan klub internal Persebaya, malah dia menjadi incaran.

Asisten pelatih Persebaya, Bejo Sugiantoro sempat memberikan tawaran kepada Supriadi untuk bergabung Persebaya U-19. Namun, pemain berusia 16 tahun menolak karena ingin melanjutkan sekolah. 

Meski menolak, dia pun masih memendam keinginan untuk membela Bajul Ijo suatu saat ini. Yang jelas, Supriadi kini disibukkan dengan agenda padat Timnas Indonesia U-16 asuhan Fakhri Husaini.

Penampilan apiknya bersama Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2018 membuat banyak klub tertarik meminangnya. Dia merupakan bagian integral tim saat menjuarai ajang tersebut.

“Saya ingat banget, pertama saya nonton waktu itu Persebaya lawan Persema Malang di Stadion Tambaksari (Gelora 10 November. Dulu perginya diam-diam, orang tua tidak ada yang tahu karena pasti dilarang,” ungkapnya. 

Kini, Supriadi tengah berada di Kuala Lumpur, Malaysia. Dia akan berjuang untuk Timnas Indonesia U-16 yang tampil di Piala AFC U-16 2018.

Lanjutkan Membaca ↓