Sukses


Asnawi Mangkualam Belajar untuk Jadi Pemain Multi-Posisi

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, menempatkan Asnawi Mangkualam sebagai bek kiri di pertandingan kontra Thailand yang berakhir imbang 2-2 di Stadion Pakansari, Cibinong, Minggu (23/9/2018). Asnawi mengaku terus belajar untuk bisa menjadi seorang pemain yang bisa bermain di posisi apa pun yang diminta oleh pelatih.

Keberadaan pemain bernama lengkap Asnawi Mangkualam Bahar di posisi bek kanan cukup mengejutkan. Namun, selama satu pekan terakhir berlatih di Lapangan ABC, Senayan, Indra Sjafri memang menempatkan pemain asal Makassar itu di posisi bek kanan, posisi yang berbeda dengan kebiasaan sang pemain yang kerap bermain sebagai gelandang.

Asnawi Mangkualam mengakui tantangan menjadi pemain yang bertugas di sisi luar pertahanan memang membutuhkan upaya yang lebih besar. Namun, Asnawi mengaku dirinya terus belajar untuk bisa siap bermain di posisi apa pun yang dipercayakan kepadanya.

"Bek kanan memang tugasnya berbeda. Lebih banyak mengeluarkan tenaga dibandingkan ketika bermain sebagai gelandang. Bermain di bek kanan agak berat karena ada beberapa karakter yang harus diubah, seperti untuk melepaskan umpan silang harus lebih baik waktu untuk berlari. Namun, sejauh ini saya merasa menikmatinya," ujar Asnawi.

"Saya sebenarnya merasa lebih tenang juga bermain di bek kanan karena saya juga terus belajar. Psikologis saya mulai bagus bermain di posisi ini, tapi yang pasti saya harus lebih banyak belajar untuk siap bermain di multi-posisi," lanjutnya.

Timnas Indonesia U-19 saat ini tengah bersiap untuk tampil di Piala AFC U-19 2018 yang dimulai pada 18 Oktober 2018. Perubahan posisi yang diberikan Indra Sjafri kepada Asnawi Mangkualam pun merupakan satu dari sekian banyak strategi dan formasi yang akan digunakan oleh Tim Garuda Nusantara di kejuaraan sepak bola junior Asia itu.

 

Video Populer

Foto Populer