Prediksi Timnas Indonesia U-19 vs China: Tes Mental Hadapi Lawan Berkualitas

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 25 Sep 2018, 06:00 WIB
Diperbarui 25 Sep 2018, 06:00 WIB
Indonesia U-19 Vs China U-19
PSSI Anniversary Indonesia U-19 Vs China U-19 (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Cibinong - Timnas Indonesia U-19 menghadapi China dalam laga terakhir PSSI Anniversary U-19 yang digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Selasa (25/9/2018). Pertandingan ini akan menjadi pengalaman berharga bagi tim asuhan Indra Sjafri sebelum berlaga di turnamen sebenarnya, Piala AFC U-19 2018.

Setelah bermain imbang 2-2 dengan Thailand pada Minggu (23/9/2018), Timnas Indonesia U-19 akan menjalani laga uji coba internasional kedua dengan menghadapi China. Pertandingan ini akan menjadi pertama kalinya Tim Garuda Nusantara bentukan Indra Sjafri pada awal 2017 itu menghadapi China.

Pertemuan ini tentu akan menjadi pengalaman yang berharga bagi Timnas Indonesia U-19. China merupakan tim yang berhasil lolos ke Piala AFC U-19 2018 dengan menjadi juara Grup G saat menjalani kualifikasi.

China berhasil menyelesaikan fase kualifikasi dengan meraih kemenangan sempurna atas Kamboja, Myanmar, dan Filipina, grup yang sebenarnya membuat Tim Negeri Tirai Bambu memang menjadi unggulan.

Namun, satu hal yang pasti China merupakan tim yang kuat, terutama setelah di pertandingan pertama PSSI Anniversary U-19 mereka mampu menang 3-1 atas Thailand.

Dengan kualitas permainan yang lebih baik, China akan memberikan pengalaman bermain yang baru bagi Tim Merah-Putih.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, berharap lewat pertandingan menghadapi lawan yang baru pertama ditemui oleh anak-anak asuhnya itu, Tim Garuda Nusantara itu bisa menyelesaikan turnamen pemanasan ini dengan moral bermain yang sangat baik untuk lebih baik saat berlaga di Piala AFC U-19 2018.

 

"Satu hal yang jauh lebih penting adalah kami harus bersiap menghadapi lawan-lawan yang berbeda. Ini pertama kali kami menghadapi China. Kami berharap para pemain keluar dari turnamen ini dengan moral yang baik untuk bermain di Piala AFC dan mereka bisa dituntut untuk melakukan semua yang kami instruksikan," ujar Indra Sjafri.

 

Sementara untuk pertandingan ini, sejumlah perubahan komposisi pemain akan dilakukan oleh Indra Sjafri. Beberapa pemain yang mengalami cedera saat bertanding menghadapi Thailand kemungkinan akan diistirahatkan terlebih dulu.

"Materi harus ada perbedaan, pertama karena ada pemain yang tidak bisa dimainkan, seperti Riyandi lalu ada Rian dan Saddil karena masih belum pulih sedikit masalah pada hamstring dan pergelangan kakinya. Saya percaya semua pemain bisa mengisi posisi pemain yang ditinggalkan," ujar pelatih asal Sumatra Barat itu.

"Sepak bola kolektif, tidak bisa mengandalkan satu orang. Kita tahu bagaimana China bermain dan tentu mengandalkan bola-bola tinggi, seperti umpan silang. Jadi itu yang kami antisipasi," lanjutnya.

Sementara itu, gelandang serang Timnas Indonesia U-19, Todd Rivaldo Ferre, menegaskan keinginannya untuk bisa membawa timnya meraih hasil yang lebih baik daripada ketika bermain imbang dengan Thailand. "Tentu di pertandingan nanti saya ingin kita bisa mendapat hasil yang lebih baik," ujar pemain asal Papua itu.

2 dari 2 halaman

Komposisi Pemain

Prakiraan Susunan Pemain:

Indonesia U-19 (4-3-3): Muhammad Aqil Savik (Kiper); Asnawi Mangkualam Bahar, Nurhidayat Haji Haris, Rachmat Irianto, Firza Andika (Belakang); Syahrian Abimanyu, Luthfi Kamal Baharsyah, Todd Rivaldo Ferre (Tengah); Witan Sulaiman, Saddil Ramdani, Rafli Mursalim (Depan)

Pelatih: Indra Sjafri

China U-19: Peng Peng (Kiper); Tianyu Guo, Quanglong Tao, Haofeng Xu, Wenzhuo Huang (Belakang); Shenglong Jiang, Guobo Liu, Qinhan Sun, Chaoyang Liu (Tengah); Yue Xu, Jiabao Wei (Depan)

Pelatih: Yaodong Cheng

Lanjutkan Membaca ↓