Antisipasi Timnas Indonesia U-19 Terhadap Set-Piece China Tak Berjalan Baik

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 26 Sep 2018, 00:05 WIB
Diperbarui 26 Sep 2018, 00:05 WIB
Indonesia Vs China
Bek Timnas Indonesia, Kadek Raditya, menjaga ketat bek China, Wang Jinze, pada laga PSSI 88th U-19 di Stadion Pakansari, Jawa Barat, Selasa (25/9/2018). Indonesia kalah 0-3 dari China. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Bola.com, Cibinong - Timnas Indonesia U-19 kalah 0-3 dari China dalam pertandingan terakhir PSSI Anniversary Cup U-19 di Stadion Pakansari, Cibinong, Selasa (25/9/2018). Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri, mengaku antisipasi yang disiapkan timnya untuk menghadapi set-piece China tak berjalan baik.

Setelah mampu menahan serangan China selama 30 menit pertama pertandingan, skuat Garuda Nusantara akhirnya kebobolan dua gol pada babak pertama.

Dua gol China disarangkan Tianyu Guo pada menit ke-39 dan Chaoyang Liu pada menit ke-44. Dua gol tersebut berawal dari sepak pojok.

China berhasil menambah keunggulan pada menit ke-66 lewat aksi Jinze Wang. Keunggulan tiga gol yang diraih China bertahan hingga laga usai.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, mengaku sudah mempersiapkan anak-anak asuhnya untuk mengantisipasi bola-bola set-piece China. Namun, akhirnya apa yang sudah diantisipasi itu malah menjadi sumber dua gol pertama China ke gawang Gianluca Pagliuca Rossy.

"Pada pertandingan malam ini, kami benar-benar mengantisipasi bola set-piece. Kami sudah berlatih seperti itu mengingat postur pemain lawan lebih tinggi sehingga kami harus menghindari pelanggaran-pelanggaran di sekitar pertahanan," ujar Indra Sjafri.

"Kami sudah mengantisipasi agar tidak ada tendangan bebas. Namun, ternyata dua gol pertama mereka berawal dari set-piece," lanjut pelatih asal Sumatra Barat itu.

Selain itu, Indra Sjafri mengakui adanya taktikal yang tidak bisa berjalan baik karena seringnya pemain Tim Garuda Nusantara kehilangan bola. Indra Sjafri pun berjanji untuk memperbaiki semua kekurangan sebelum berlaga di Piala AFC U-19 2018 pada Oktober mendatang.

"Pemain kami kurang berani dan bola begitu cepat hilang. Begitu kami mendapatkan bola, hanya beberapa sentuhan bola sudah hilang lagi," ujar Indra Sjafri.

"Semua ini menjadi bahan evaluasi untuk para pemain, terutama yang sudah mendapatkan kesempatan bermain. Timnas Indonesia U-19 masih ada laga uji coba lagi dan ini akan menjadi pertimbangan untuk mengerucutkan pemain menjadi 23 pemain yang akan bermain di Piala AFC," lanjutnya.

Kiper Persita Tangerang, Annas Fitrianto Tetap Bugar Jelang Kembalinya Shopee Liga 1 2020