Sukses


Cara Viking Menyebarkan Virus Perdamaian dengan Suporter Persija

Bola.com, Bandung - Pihak-pihak terkait kini mencari solusi atau cara terbaik agar insiden yang menimpa Haringga Sirla tak terulang lagi. Satu di antara pihak itu adalah Viking Persib Club, kelompok pendukung Persib Bandung.

Viking Persib Club melalui sang ketua, Heru Joko, menyiapkan cara untuk menyebarkan virus perdamaian dengan suporter Persija Jakarta, The Jakmania.

Sasaran dari upaya perdamaian ini adalah kalangan bawah atau akar rumput. Pasalnya, selama ini yang dianggap sulit untuk menerima ajakan perdamaian datang dari kalangan ini.

Heru Joko menyebut cara itu adalah dengan dakwah. "Jadi, ya mungkin kami akan kejar lewat dakwah. Bismillah. Semoga jawabannya hari ini ada ya, untuk lapisan bawah," ujar Heru, seusai menggelar doa bersama untuk almarhum Haringga Sirla di Mesjid Pusdai, Bandung, Rabu malam (26/9/2018).

"Lapisan bawah jangan disalahkan, lapisan bawah juga sama ingin damai. Nanti kami bergerak, semoga semuanya jalannya adalah, tenang saja. Yang pasti kami akan bergerak," imbuhnya.

Selama ini rencana perdamaian kedua pihak sering kali terbentur di lapisan bawah. Pasalnya, Viking dan The Jakmania punya massa yang amat banyak.

Misalnya, kedua pemimpin suporter telah sepakat untuk berdamai. Namun, belum tentu kalangan anggota punya pemikiran yang sama, apalagi untuk basis suporter yang berada di perbatasan DKI dan Jawa Barat.

Bentrokan beberapa kali terjadi di wilayah perbatasan. Untuk mengakomodasi pendukung Persib yang bersinggungan langsung dengan The Jakmania, berdakwah menurut Heru merupakan langkah yang tepat.

Sumber: Bola.net

Video Populer

Foto Populer