4 Negara yang Lolos ke Perempat Final Piala AFC U-16 2018 dari Grup C dan D

Oleh Aning Jati pada 28 Sep 2018, 18:10 WIB
Piala AFC U-16 2018

Bola.com, Surabaya - Grup C dan Grup D Piala AFC U-16 2018 telah menuntaskan pertandingan di fase penyisihan. Grup C mengirim Timnas Indonesia U-16 sebagai juara grup serta India sebagai runner-up, Kamis malam (27/9/2018).

Timnas Indonesia U-16 jadi juara Grup C dengan koleksi poin lima, sama koleksi poin India, namun Tim Garuda Asia unggul selisih gol. 

Indonesia memasukkan tiga gol dan kebobolan satu gol, sementara India hanya memasukkan satu gol tanpa kemasukkan.

Dua tim yang tersingkir dari Grup C Piala AFC U-16 2018 adalah finalis dua tahun lalu, Iran, serta Vietnam. 

Pada Jumat sore (28/9/2018), giliran Grup D yang memainkan laga terakhir. Korea Selatan mampu menyapu bersih pertandingan fase grup setelah pada matchday terakhir, mengalahkan juara bertahan Irak dengan skor 2-0.

Korsel membutuhkan waktu 44 menit untuk bisa membuka pertahanan Irak dan melepas gol. Moon Jun-ho membuat the Taeguk Warriors unggul 1-0 pada babak pertama.

Hanya dua menit setelah turun minum, Moon kembali mencetak gol, menjadikan Korsel unggul 2-0. 

Kemenangan 2-0 atas Irak itu membuat Korsel kukuh di puncak klasemen Grup D dengan poin sempurna, sembilan, memasukkan 12 gol tanpa kebobolan satu gol pun.

Pada pertandingan lain di Grup D, Australia menyudahi perjuangan Afghanistan. Bermain di Stadion Petaling Jaya, Kuala Lumpur, Australia pesta empat gol tanpa balas.

Pertandingan baru berjalan delapan menit, Australia sudah unggul 1-0 lewat Joseph Roddy. 20 menit berselang, Noah Botic menjadikan Australia unggul 2-0. Roddy dan Botic kembali mencetak gol pada laga ini, masing-masing menit ke-48 dan 61.

Australia terlihat perkasa pada laga ini karena Afghanistan hanya bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-19. Penyebabnya, satu pemain mereka, Sharif Aminzada, mendapat kartu merah dari wasit.

Australia lolos ke perempat final dengan status runner-up Grup D dengan koleksi enam, memasukkan enam dan kemasukkan empat gol. Di peringkat ketiga dan keempat Grup D ada Irak (poin tiga) disusul Afghanistan (poin nol).

Lolos ke perempat final Piala AFC U-16 2018:

Grup C: Indonesia, India

Grup D: Korea Selatan, Australia

Sumber: AFC