Sukses


Aksi Solidaritas Bandung Supporter Alliance untuk Haringga Sirla

Bola.com, Bandung - Ratusan suporter yang tergabung dalam Bandung Supporter Alliance (BSA) menggelar aksi damai dengan tema "Nyala Lilin dalam Gulita Sepak Bola" di Taman Cikapayang, Jalan Dago Bandung, Kamis malam (27/9/2018).

Aksi tersebut sebagai bentuk solidaritas suporter Bandung atas meninggalnya suporter Jakmania, Haringga Sirila (23 tahun), di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Minggu (23/9/2018), jelang laga Persib vs Persija.

Dalam aksinya, BSA menekankan beberapa poin yang menjadi fokus, yakni meminta persaudaraan antarsuporter, mempercepat revolusi PSSI, menekan perubahan SOP keamanan di stadion, mendukung rivalitas tanpa kebencian karena tidak ada rivalitas yang seharga nyawa.

Kemudian mengecam otoritas yang berfokus pada keuntungan semata, mendukung pers yang tidak berpihak pada kepentingan elite, dan menolak politisasi sepak bola.

Dalam catatannya, BSA mengungkapkan suporter tewas di Indonesia ada 63 kasus, tercatat sejak 1995 hingga 2018.

"Karena itu kami mengajak rekan-rekan suporter untuk tidak lagi melakukan segala bentuk rasisme dan fasisme atas nama rivalitas sepak bola. Selain itu, tidak lagi melakukan segala bentuk kekerasan yang bisa menghilangkan nyawa manusia," ujar Andikha Ramadhan Radiana, humas BSA, seusai aksi damai.

"Jangan sampai ada nyawa-nyawa yang hilang gara-gara sepak bola dan kami ingin mengingatkan yang sudah terjadi harus jadi yang terakhir. BSA menyepakati adanya rivalitas, tapi dalam bentuk atau konten yang sehat," tambah Andhika.

Video Populer

Foto Populer