Pelatih India Ungkap Resep Sukses Dampingi Indonesia ke Perempat Final Piala AFC U-16 2018

Oleh Aning Jati pada 27 Sep 2018, 23:50 WIB
Timnas India U-16

Bola.com, Kuala Lumpur - Timnas India U-16 mencatatkan sejarah. Untuk kali pertama dalam 16 tahun terakhir, mereka kembali tampil di perempat final Piala AFC U-16. Kali terakhir the Blue Colts bermain di perempat final terjadi pada Piala AFC U-16 2002.

Keberhasilan Timnas India U-16 menembus fase perempat final Piala AFC U-16 2018 muncul setelah hasil imbang tanpa gol kontra Indonesia di matchday terakhir Grup C yang berlangsung di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Kamis malam (27/9/2018).

Meski mendapat gempuran dari Indonesia terutama di babak pertama, India bergeming dan mampu membebaskan gawangnya dari gol. 

Di babak kedua, India justru terlihat lebih bisa mengembangkan permainan dengan menciptakan beberapa peluang. Kendati, dari peluang-peluang itu tak ada satu pun yang bisa dikonversikan jadi gol.

Seusai pertandingan, pelatih Timnas India U-16, Bibiano Fernandes, mengucapkan selamat pada tim asuhannya juga kepada Indonesia. Ia juga berterima kasih pada semua pihak yang membuat tim asuhannya bisa melaju hingga ke fase gugur.

"Keberhasilan ini sangat spesial buat India karena kami lolos ke fase gugur setelah 16 tahun. Jadi, saya ingin berterima kasih kepada seluruh staf yang bekerja di belakang layar tanpa kenal lelah, pelatih-pelatih di level grassroot yang bekerja di seluruh India, di sekolah, dan juga di masyarakat, selamat buat kami semua," ujarnya.

"Di babak pertama kami memutuskan untuk tampil disiplin dan tak memberi peluang satu pun pada Indonesia. Kami berhasil melakukan itu, dengan menjaga gawang kami tanpa kebobolan," lanjut Bibiano.

"Di babak kedua, kami melakukan apa yang sudah kami terapkan di turnamen ini, yakni menekan lawan. Kami punya beberapa peluang dan semestinya bisa mencetak gol," imbuhnya.

Bibiano mengungkap laga kontra Indonesia berjalan sangat sulit karena Tim Garuda Asia sangat cepat dan pasukannya mendapat beberapa peringatan karena berusaha menghentikan laju Bagus Kahfi dkk. 

"Tapi, kami senang pertandingan berakhir dengan hasil imbang," kata Bibiano.

Di perempat final, Senin (1/10/2018), sebagai runner-up Grup C, Timnas India U-16 akan bersua juara Grup D, yang kemungkinan besar dihuni Korea Selatan. Laga ini dimainkan di Stadion Petaling Jaya, Kuala Lumpur.

Sumber: AFC