VIDEO: Lilin dari Ratusan Suporter di Bandung untuk Haringga Sirla

VIDEO: Lilin dari Ratusan Suporter di Bandung untuk Haringga Sirla

Ratusan suporter yang tergabung ke dalam Bandung Supporter Alliance (BSA) menggelar aksi damai dengan tema "Nyala Lilin dalam Gulita Sepak Bola" di Taman Cikapayang, Jalan Dago Bandung, Kamis (27/9/2018) malam.

Aksi tersebut sebagai bentuk solidaritas suporter Bandung atas meninggalnya supoter Jakmania, Haringga Sirila (23 tahun) di Stadion GBLA, Bandung, Minggu (23/9/2018) lalu jelang laga Persib vs Persija Jakarta.

Dalam aksinya BSA menekankan beberapa poin yang menjadi fokus yakni; memintal persaudaraan antar suporter, mempercepat revolusi PSSI, menekan perubahan SOP keamanan di Stadion, mendukung rivalitas tanpa kebencian karena tidak ada rivalitas yang seharga nyawa.

Kemudian mengecam otoritas yang berfokus pada keuntungan semata, mendukung pers yang tidak berpihak pada kepentingan para elite, dan menolak politisasi sepak bola.

Dalam catatanya, BSA mengungkapkan bahwa terjadinya supporter tewas di Indonesia ada 63 kasus, sejak tahun 1995 hingga 2018.

"Karena itu kami mengajak rekan-rekan suporter untuk tidak lagi melakukan segala bentuk rasisme dan fasisme atas nama rivalitas sepak bola. Selain itu tidak lagi melakukan segala bentuk kekerasan yang bisa menghilangkan nyawa manusia," ujar Humas BSA, Andikha Ramadhan Radiana usai aksi damai. (Erwin Snaz)

Ringkasan

Oleh Okie Prabhowo pada 28 September 2018, 07:00 WIB

Tag Terkait


Video Terkait

Spotlights