Imbangi Timnas Indonesia U-16, India Pede Hadapi Perempat Final

Oleh Ahmad Fawwaz Usman pada 28 Sep 2018, 16:48 WIB
Bibiano Fernandes, Timnas India U-16 vs Timnas Indonesia U-16

Kuala Lumpur - Timnas India U-16 mampu merepotkan timnas Indonesia U-16 dalam laga di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Kamis (27/9/2018). Meski kalah dalam penguasaan bola, anak asuh Bibiano Fernandes itu berulang kali membahayakan gawang Timnas U-16 lewat skema serangan balik.

Pada akhirnya, India dan timnas Indonesia U-16 pun mengakhiri laga dengan skor 0-0. Tambahan satu poin membawa India memastikan diri untuk tampil di perempat final Piala AFC U-16 sebagai runner-up Grup C. Mereka sama-sama mengoleksi lima poin dengan Timnas Indonesia U-16.

"Ini adalah momen spesial untuk semua orang. Terima kasih kepada semua staf saya, pelatih akademi yang mengajari anak-anak ini di usia muda, dan para pemain saya atas kerja kerasnya hari demi hari," ujar Fernandes, dikutip situs AFC.

Bagi India, ini adalah momen bersejarah. Itu karena ini adalah kali pertama India melesat ke perempat final sejak terakhir kali pada edisi 2002. Hasil melawan Indonesia juga mempertahankan catatan apik pertahanan mereka. Dari tiga laga, tak satupun gol yang bersarang ke gawang mereka.

 

2 of 3

Tak Gentar

Namun, lawan yang akan dihadapi nanti di perempat final dipastikan sulit. Calon runner-up Grup D yang akan lawan mereka adalah Korea Selatan, Australia, dan Irak. Ketiga tim itu bermain Jumat (28/9/2018) sore ini.

Fernandes juga menceritakan kondisi timnya saat melawan Timnas U-16. Saat itu, India memang terancam tidak lolos jika kalah dari Timnas U-16 dan Iran menang atas Vietnam. Di luar dugaan, Vietnam mampu menghajar Vietnam lima gol tanpa balas.

"Saya sempat mendapat berita bahwa Iran unggul 3-0 di babak pertama. Saya tidak memberitahu anak-anak soal itu karena itu bisa membuat mereka tertekan. Kami hanya harus lebih keluar di babak kedua dan bertarung sampai menit ke-90," ungkap Fernandes.

"Tiga hari lagi. Kami akan memikirkannya. Saya telah melihat Korea dan Australia bermain, tapi kami akan melihat ke Korea. Mereka adalah tim yang sangat kuat dan tim yang bisa memenangkan Piala AFC U-16 tahun ini," ia menambahkan.

Sumber: Liputan6.com

3 of 3

Klasemen Grup C Piala AFC U-16

Nomor/Tim/Main/Menang/Imbang/Kalah/Selisih gol/Poin

1. Indonesia: 3 / 1 / 2 / 0 / +2 / 5

2. India: 3 / 1 / 2 / 0 / +1 / 5

3. Iran: 3 / 1 / 1 / 1 / +3 / 4

4. Vietnam: 3 / 0 / 1 / 2 / -6 / 1

Lanjutkan Membaca ↓