Jelang Duel Timnas Indonesia U-16 Vs Australia: Bagus Kahfi Pernah Cetak Hattrick

Oleh Juprianto Alexander Sianipar pada 29 Sep 2018, 13:30 WIB
Timnas Indonesia U-16

Bola.com, Jakarta - StrikerĀ Timnas Indonesia U-16, Amiruddin Bagus Kahfi, punya modal bagus jelang laga kontra Australia pada perempat final Piala AFC 2018, di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Senin (1/10/2018). Ia pernah tiga kali membobol gawang Australia dalam satu pertandingan.

Torehan itu dibuat Bagus Kahfi saat Timnas Indonesia U-5 bersua Australia di fase grup Piala AFF U-15 2017 yang berlangsung di Chonburi, Thailand.

Ketika itu, tim asuhan Fakhri Husaini bertemu Australia pada laga ketiga Grup A. Skor akhir pertandingan cukup mencolok karena Timnas Indonesia U-16 takluk 3-7 dari Joeys, julukan Australia.

Timnas Indonesia U-15 sebenarnya sempat mengejutkan tim lawan dengan unggul lebih dulu 2-0 berkat sepasang gol yang dicetak Bagus Kahfi (3' dan 8). Namun, Australia mengamuk dengan mencetak enam gol sekaligus ke gawang tim Garuda Asia yang dikawal Ahludz Dzikri Fikri.

Enam gol tim asuhan Anthony Vidmar diciptakan oleh Noah Vinko Botic (dua gol), Trent Osler, Lachlan James Sepping, Birkan Kirdar, dan Ryan Teague. Setelah itu, Bagus Kahfi mencetak gol ketiganya untuk memperkecil skor menjadi 3-6.

Namun, Australia yang sudah unggul dengan skor telak berhasil mencetak satu gol tambahan. Pemain pengganti, Stephan Christopher De Robillard, membuat skor akhir pertandingan menjadi 7-3.

Hattrick yang dicetak gawang Australia bisa menjadi pemantik motivasi Bagus Kahfi untuk mengantarkan Timnas Indonesia U-16 ke semifinal Piala AFC sekaligus menggaransi tempat di Piala Dunia U-20 2019. Apalagi, performa striker berusia 16 tahun itu terbilang impresif di Piala AFF U-16 2018.

Saudara kembar dari Amiruddin Bagus Kaffa itu berhasil menjadi topskorer di turnamen yang berlangsung di Gresik dan Sidoarjo, Jawa Timur. Ia berhasil mencetak 12 gol untuk Timnas Indonesia U-16 dan memecahkan rekor dua pemain Australia, Marc Moric dan John Roberts yang mencetak delapan gol di Piala AFF U-16.