Kalahkan Oman, Jepang Jadi Tim Asia Pertama yang Pastikan Tiket Piala Dunia U-17 2019

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 30 Sep 2018, 17:23 WIB
Piala AFC U-16

Bola.com, Kuala Lumpur - Jepang menjadi tim Asia pertama yang memastiken tiket Piala Dunia U-17 2019 setelah meraih kemenangan 2-1 atas Oman di perempat final Piala AFC U-16 2018 yang digelar di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (30/9/2018). Harus menghadapi pertahanan ketat Oman, Jepang berhasil menang, lolos ke semifinal Piala AFC U-16 2018, dan mendapatkan tiket ke Piala Dunia U-17 2019.

Jepang berhasil membuka keunggulan pada menit ke-14 melalui gol bunuh diri bek Oman, Issa Al-Naabi. Bermaksud untuk menghalau bola yang akan masuk gawang, Issa justru membuat bola meluncur ke dalam gawangnya setelah membentur tubuhnya.

Berawal dari umpan lambung yang diterima dan diteruskan lewat tembakan ke arah gawang oleh striker Jepang, Jun Nishikawa, kiper Oman Mitham Al-Ajmi berhasil menghalau tembakan itu. Namun, bola kemudian membentur kaki Issa yang berlari untuk membantu pertahanan. Bola itu pun kemudian masuk ke dalam gawang.

Tertinggal lebih dulu tak membut Oman langsung menyerah. Para pemain asuhan Yaqoob Al-Sabahi itu berusaha menekan balik tim Jepang. Hasilnya berbuah manis pada menit ke-21, di mana Oman berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Bek Oman U-16, Tariq Al-Mashary, yang maju ke depan untuk membantu serangan melihat sebuah umpan silang dari sisi kanan jatuh ke dekat tiang jauh gawang Jepang. Tanpa ragu Tariq maju ke depan dan menanduk bola ke arah tiang yang lain dan bola berhasil masuk ke dalam gawang Jepang.

Setelah bermain imbang 1-1 di babak pertama, baik Jepang maupun Oman berusaha bermain menyerang untuk mendapatkan poin kedua. Jepang lebih sering melancarkan serangan, tapi pertahanan Oman, terutama kecemerlangan kiper Mitham Al-Ajmi, membuat Jepang kesulitan.

Jepang akhirnya berhasil kembali unggul pada menit ke-81 melalui gol yang dicetak Shoji Toyama. Striker yang sebelumnya mendapat tiga peluang emas itu berhasil memaksimalkan umpan silang dari sisi kiri yang dilepaskan Jun Nishikawa dan menceploskan bola dengan sontekan.

Keunggulan 2-1 yang dimiliki Jepang bertahan hingga laga usai. Kemenangan ini memastikan tim asuhan Yoshiro Moriyama itu mendapatkan tiket untuk tampil di Piala Dunia U-17 2019. Selain itu, Jepang lolos ke semifinal Piala AFC U-19 2018 dan akan menghadapi pemenang laga perempat final antara Timnas Indonesia U-16 kontra Australia yang digelar di stadion yang sama, Senin (1/10/2018).