Singkirkan Korea Utara Lewat Adu Penalti, Tajikistan Susul Jepang ke Semifinal Piala AFC U-16 2018

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 30 Sep 2018, 22:07 WIB
Piala AFC U-16

Bola.com, Kuala Lumpur - Tajikistan berhasil menyusul Jepang ke semifinal Piala AFC U-16 2018 sekaligus menjadi tim Asia kedua yang memegang tiket Piala Dunia U-17 2019 di Peru. Menghadapi Korea Utara di pertandingan perempat final yang digelar di Stadion Petaling, Malaysia, Minggu (30/9/2018) malam, Tajikistan menang 4-2 lewat drama adu penalti setelah sempat bermain imbang 1-1 dalam waktu 90 menit.

Tajikistan berhasil membuka keunggulan saat laga berjalan 14 menit lewat gol yang dicetak sang striker, Rustam Soirov. Pemain bernomor punggung sembilan itu berhasil lolos dari jebakan offside dan menyongsong umpan panjang dari belakang untuk kemudian melepas tembakan keras di dalam kotak penalti yang tak mampu dihalau oleh kiper Korea Utara, Ri Kyong-won

Kedua tim sama-sama menerapkan permainan terbuka setelah gol tersebut. Korea Utara pun tampak berusaha keras untuk bisa menyamakan kedudukan. Namun, hingga babak pertama usai, kedudukan 1-0 untuk keunggulan Tajikistan tak berubah

Korea Utara akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-69. Pemain bertahan Korea Utara, Ri Hun, membuat timnya kembali berpeluang untuk lolos ke Piala Dunia U-17 2019.

Namun, kedudukan 1-1 yang bertahan hingga 90 menit pertandingan membuat kedua tim harus menentukan pemenang lewat drama adu penalti.

Korea Utara yang mengambil eksekusi pertama lewat gelandangnya, Ra Nam-hyon, membuka drama tersebut dengan baik. Eksekutor pertama Tajikistan, Sharifbek Rahmatov, pun melakukan tugasnya dengan sangat baik.

Korea Utara mulai goyah setelah eksekutor keduanya, Ra Nam-hyon, gagal melakukan tugasnya karena tembakannya berhasil dihentikan kiper Tajikistan, Zaynidin Rakhimov. Kegagalan eksekutor kedua Korea Utara itu tampaknya memengaruhi eksekutor ketiga mereka, Chae Yu-song, yang juga gagal karena tembakannya terlalu lemah dan terbaca kiper lawan.

Sementara itu, eksekutor kedua dan ketiga Tajikistan, Ozodbek Panzhiev dan Jonibek Sharipov, berhasil menjalankan tugasnya dengan sangat baik. Hal tersebut membuat eksekutor keempat Korea Utara pun seakan tertekan.

Bek Korea Utara, Arthit Bua-ngam, yang maju sebagai eksekutor keempat Korea Utara hampir saja mengikuti dua rekan setimnya. Tembakannya berhasil dibaca kiper Tajikistan, tapi bola tetap berhasil masuk ke dalam gawang. Namun, eksekusi baik Rustam Soirov memastikan Tajikistan memenangi drama adu penalti itu dengan keunggulan 4-2.

Kemenangan ini membawa Tajikistan berhasil melangkah ke semifinal Piala AFC U-16 2018 sekaligus memastikan tiket ke Piala Dunia U-17 2019 di Peru setelah Jepang lebih dulu memastikan diri lolos ke semifinal pada Minggu sore.