PSSI: Klub Liga 1 Minta Kompetisi Kembali Bergulir pada 5 Oktober

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 01 Okt 2018, 19:55 WIB
Diperbarui 01 Okt 2018, 19:55 WIB
Sepak Bola Indonesia Berbenah_8
Sepak Bola Indonesia Berbenah_8 (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, menyatakan klub-klub peserta Liga 1 2018 meminta kompetisi kembali bergulir mulai 5 Oktober 2018. Menurut Joko, PSSI akan berkoordinasi dengan PT Liga Indonesia Baru untuk menindaklanjuti permintaan tersebut.

Kompetisi Liga 1 2018 dihentikan PSSI menyusul meninggalnya Haringga Sirla, suporter Persija Jakarta yang datang ke Bandung untuk melihat tim kesayangannya menghadapi Persib Bandung. Laga pekan ke-24 Liga 1 2018 tidak bergulir sebagai bentuk duka cita sepak bola Indonesia juga karena desakan berbagai pihak, seperti APPI, Pemerintah, dan BOPI.

Namun, klub-klub Liga 1 2018, yang telah melakukan deklarasi rivalitas tanpa membunuh saat laga amal Arema FC kontra Madura FC di STadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (29/9/2018), meminta agar kompetisi kembali digulirkan.

"Kami menerima keinginan klub tersebut. Prinsipnya jika hari ini Komdis PSSI mengambil keputusan, sekalipun keputusan pertama yang masih akan menunggu beberapa keputusan lain yang akan diambil, PSSI akan memberikan surat kepada PT LIB agar liga segera kembali dijadwalkan," ujar Joko Driyono setelah pertemuan dengan stakeholder sepak bola di Wisma Kemenpora, Jakarta, Senin (1/10/2018).

Namun, Joko Driyono tak bisa menjamin Liga 1 kembali bergulir pada 5 Oktober sesuai keinginan klub. 

"Kami tidak ingin menetapkan akan kembali bermain pada 5 Oktober tapi kemudian tidak bisa terimplementasikan. Karena saat ini hingga 5 Oktober nanti memerlukan koordinasi. Panitia pelaksana butuh perizinan. Prinsipnya, PSSI menuliskan surat ke PT Liga dan basisnya adalah keputusan dari sidang Komdis yang digelar hari ini," ujar Joko Driyono.