Gelandang Timnas Indonesia U-16 Ini Hampir Menjadi Atlet Bulutangkis

Oleh Aditya Wany pada 02 Okt 2018, 18:15 WIB
Brylian Aldama

Bola.com, Jakarta - Gelandang Timnas Indonesia U-16, Brylian Negiehta Dwiki Aldama kini menjadi sosok yang cukup diperhitungkan. Perannya sebagai pemutus serangan di posisi gelandang bertahan menjadi catatan khusus. 

Brylian merupakan salah satu pemain yang meneruskan bakat gelandang hebat dari Sidoarjo. Pemain kelahiran 22 Februari 2002 itu pernah menimba pengalaman di SSB Gelora Putra Delta dan juga JSSL Chelsea FC. 

Namun, siapa sangka rupanya dia pernah hampir menjadi pemain bulu tangkis sebelum terjun penuh ke sepak bola. Adalah sosok ayahnya, Yusyanto yang pernah menginginkan Brylian menjadi pemain bulutangkis. 

Itu dilakukan karena Yusyanto pun pernah menggeluti cabor yang juga populer di Indonesia tersebut. Sayangnya, Brylian hanya bertahan tiga bulan saja menekuni bulutangkis. 

“Kakaknya jenuh main badminton, jadi Brylian juga ikut berhenti. Sebenarnya waktu main badminton Brylian juga lebih berbakat dari kakaknya,” ungkap Yusyanto bercerita soal anaknya. 

Setelah berhenti berlatih bulu tangkis, Brylian tak langsung beralih ke sepak bola. Dia terlebih dahulu mencoba futsal yang mulai dilakukannya saat masih duduk di bangku kelas 4 SD. 

Dari situlah bakatnya mengolah si kulit bundar mulai terlihat. Dia kemudian bergabung dengan SSB Gelora Putra Delta di Sidoarjo hingga akhirnya masuk ke JSSL Chelsea FC. 

”Guru olahraganya bilang kalau Brylian mainnya bagus. Lalu, gurunya merekomendasikan saya untuk daftarkan dia ke SSB. Waktu itu saya masih awam sama sepak bola, terus disarankan untuk masuk ke SSB Gelora Putra Delta,” imbuh Yusyanto.

Talenta hebat yang dimiliki oleh Brylian pun bisa berdampak positif kepada Timnas Indonesia U-16 yang menjuarai Piala AFF U-16 2018. Jika masih bergelut di bulu tangkis, bukan tidak mungkin dia kini mulai bersaing dengan Jonathan Christie atau Anthony Sinisuka Ginting di nomor tunggal putra.