Penampilan Memikat Timnas U-16 Jadi Bukti Sepak Bola Indonesia Punya Masa Depan Cerah

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 03 Okt 2018, 08:00 WIB
Timnas Indonesia U-16, Piala AFF U-16 2018

Bola.com, Jakarta - Pelatih Mitra Kukar, Rahmad Darmawan, terkesan dengan penampilan Timnas Indonesia U-16 di Piala AFC 2018. Menurut Rahmad Darmawan, sepak bola Indonesia memiliki masa depan yang cerah.

Laju Timnas Indonesia U-16 terhenti di perempat final Piala AFC setelah takluk 2-3 dari Australia. Namun, secara keseluruhan Rahmad Darmawan menyebut permainan anak asuh Fakhri Husaini itu sudah bagus.

Rahmad Darmawan memberi contoh sepanjang babak penyisihan Timnas Indonesia U-16 mampu mengalahkan Iran, bermain imbang dengan Vietnam dan India. Ini merupakan contoh bahwa permainan David Maulana dkk jadi bukti talenta muda sepak bola Tanah Air bisa bersaing dengan negara lain.

"Saya pikir Timnas Indonesia U-16 ini sudah membuktikan kalau talenta pemain muda yang dimiliki Indonesia tak kalah jauh dengan negara-negara lain. Sebab, secara kualitas permainan ketika melawan Australia sangat berimbang. Hanya, Australia lebih pandai saja mengatur ritme," kata Rahmad Darmawan ketika dihubungi Bola.com, Selasa (2/10/2018).

"Juga kalau dibandingkan ketika melawan Iran, Indonesia unggul jauh. Melawan Vietnam imbang, sedangkan melawan India kita lebih baik. Sayangnya, Indonesia tidak bisa menang waktu lawan Australia," ujarnya.

Kekalahan dari Australia membuat mimpi Timnas Indonesia U-16 untuk berlaga di Piala Dunia U-17 tertunda. Tim berjuluk Garuda Asia itu masih punya peluang untuk kembali mencoba tampil pada edisi 2021.