Sukses


Klub Era Perserikatan Mendominasi Papan Atas Liga 1 2018

Bola.com, Jakarta - Perjalanan Liga 1 2018 sudah melewati pekan ke-25. Menariknya, papan atas klasemen kali ini dihuni klub-klub sepuh alias klub yang berjaya di era Perserikatan semisal Persib Bandung, PSM Makassar, Persija Jakarta.

Ketiga klub tersebut merupakan 'pemain lama' dalam sejarah sepak bola Indonesia. Klub-klub yang sudah berdiri puluhan tahun silam, bahkan sebelum negara bernama Republik Indonesia ini berdiri.

Tongkat kepemimpinan klasemen Liga 1 2018 saat ini masih dipegang Persib Bandung dengan raihan 45 poin. Sementara PSM Makassar berada di belakang Persib dengan margin hanya satu poin. Diikuti Persija Jakarta yang tertinggal tiga angka, yakni dengan raihan 42.

Sementara nasib berbeda justru dialami dua klub era Perserikatan lainnya, Persebaya Surabaya dan PSMS Medan. Keduanya masih tercecer di papan bawah liga.

Persebaya bertengger di peringkat ke-14 dengan raihan 29 poin, sedangkan PSMS lebih hancur lagi karena menjadi klub juru kunci dengan raihan 24 poin. Bicara realistis, peluang keduanya untuk menjadi juara Liga 1 2018 terbilang tipis dengan sembilan laga sisa.

Jadi, mari sejenak fokus pada persaingan ketiga klub era Perserikatan yang saat ini berada di papan atas Liga 1. Dengan sembilan laga sisa, PSM Makassar menjadi klub yang bakal ekstra sibuk.

Sebab, klub berjuluk Juku Eja itu masih akan berjumpa dengan seluruh klub era Perserikatan yakni Persib Bandung (24/10/2018), Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, dan melakoni laga penutup liga kontra PSMS.

Sedangkan Persija menjadi yang agak diuntungkan karena hanya akan menghadapi Persebaya dan PSM. Adapun Persib masih akan berjumpa lawan lama semisal Persebaya, PSM, dan PSMS.

Segala sesuatu memang masih bisa terjadi dalam sembilan laga tersisa musim ini karena margin poin di luar ketiga klub tersebut masih terjangkau. Masih ada Madura United, Bhayangkara FC, hingga Borneo FC yang siap bersaing dalam perburuan gelar Liga 1 2018.

Video Populer

Foto Populer