Persib Resmi Dapatkan Lisensi Klub Profesional dari AFC

Oleh Muhammad Ginanjar pada 17 Okt 2018, 20:15 WIB
Persib Bandung

Bola.com, Bandung - Persib Bandung resmi mengantongi lisensi klub profesional di Asia atau AFC. Kepastian itu disampaikan Club Licensi Committee (CLC) PSSI tertanggal 15 Oktober 2015.

Dalam surat bernomor 002/CLC-PSSI/X/2018 itu, CLC menyatakan telah menerima berkas permohonan lisensi Maung Bandung dan telah melakukan verifikasi atas pengajuan itu.

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Kuswara S Taryono mengatakan tidak mudah mendapatkan predikat sebagai klub professional AFC. Ada lima aspek yang menjadi penilaian serta pertimbangan sehingga sebuah klub bisa dinyatakan sebagai klub professional, yakni sporting, infrastruktur, SDM, and administratif, legalitas, dan finansial.

"Ini bukti Persib Bandung telah memenuhi syarat dan bagi kami ini sebuah anugerah. Saat kami sedang menghadapi kendala kaitannya dengan keputusan Komdis tapi di sisi yang berbeda, kami mendapatkan anugerah. Ini yang patut kami syukuri," ujar Kuswara di Graha Persib, Jalan Sulanjana Kota Bandung, Rabu (17/10/2018).

Pada musim sebelumnya, Bhayangkara FC gagal mengikuti kompetisi AFC karena tidak memiliki lisensi. Padahal tim berjulukan The Guardian itu menjadi juara di Liga 1 2017.

Selain Bhayangkara FC, PSM Makassar yang menempati posisi ketiga musim lalu juga gagal ikut serta karena sama-sama tidak mendapatkan lisensi atau mengalami kendala dalam mengirimkan berkas. Akhirnya Bali United dan Persija Jakarta yang menjadi wakil Indonesia di kompetisi tingkat AFC tersebut.

Kuswara berharap dengan lisensi ini memacu tim untuk bisa lebih maksimal dalam menghadapi pertandingan di Gojek Liga 1 bersama Bukalapak. Jika meraih juara, maka Persib Bandung dipastikan akan menjadi wakil Indonesia untuk tampil di Liga Champion Asia atau AFC Cup pada musim 2019.