Mantan Sekjen AFC Tutup Usia

Oleh Aning Jati pada 20 Okt 2018, 13:30 WIB
AFC

Bola.com, Kuala Lumpur - Kabar duka datang dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Mantan Sekjen AFC, Datuk Peter Velappan, meninggal dunia pada Sabtu (20/10/2018) dalam usia 83 tahun.

Almarhum, yang berasal dari Negeri Sembilan, Malaysia, meninggalkan seorang istri dan dua orang putri. Kabar Datuk Peter Velappan dikonfirmasi Sekjen AFC saat ini, Datuk Windsor Paul John.

Presiden AFC, Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa, melalui situs resmi AFC juga telah menyatakan kehilangan dan duka cita atas kepergian selamanya almarhum.

"Atas nama keluarga sepak bola Asia, saya mengirimkan belasungkawa dan simpati sepenuh hati kepada keluarga dari satu di antara arsitek paling penting untuk pertumbuhan sepak bola di Asia."

"Peter melayani sepak bola Asia dengan semangat dan profesionalisme dan berita kepergiannya mengejutkan dan membuat sedih semua orang yang terlibat di sepak bola di benua ini. Dia layak mendapatkan kredit luar biasa untuk semua yang dia raih bersama AFC dan yang lain," tutur Shaikh Salman.

Datuk Windsor Paul John menambahkan visi almarhum untuk sepak bola Asia menjadi insipirasi dan pencapaiannya baik bersama AFC maupun FAM (Asosiasi Sepak Bola Malaysia) menjadi bukti cintanya pada sepak bola.

"Datuk Peter menetapkan standar yang diinginkan semua orang di sepak bola Asia. Dia didedikasikan untuk akar rumput dan pengembangan sepak bola di Asia. Adalah suatu kehormatan untuk mengikuti jejaknya," imbuh Datuk Windsor.

Peter Velappan menjadi Sekjen AFC pada 1978. Ia merupakan Sekjen AFC terlama, bertugas melayani semasa Presiden Sri Hamzah Abu Samah (1978-1994) dan Sultan Ahmad Shah (1994-2002), serta Qatari Mohamad bin Hamman.

Peter Velappan pensiun pada 2007 namun tetap aktif di kalangan sepak bola akar rumput dan merupakan pendukung kuat presiden AFC saat ini.

Sumber: AFC

Datuk Peter Velappan
Mantan Sekjen AFC, Datuk Peter Velappan, meninggal dunia, Sabtu (20/10/2018). (Bola.com/Dok. AFC)