Osvaldo Haay Jadi Striker, Perjudian Berhasil Persebaya saat Menekuk Persib

Oleh Aditya Wany pada 21 Okt 2018, 17:00 WIB
Osvaldo Haay

Bola.com, Surabaya - Pelatih Persebaya Surabaya, Djadjang Nurdjaman, melakukan perjudian saat melawan Persib Bandung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (20/10/2018). Djadjang memainkan Osvaldo Haay yang sejatinya pemain sayap sebagai striker di laga pekan ke-26 Liga 1 2018 ini.

Hal itu tidak luput dari absennya striker andalan Persebaya sekaligus top scorer sementara Liga 1, David da Silva, yang mengalami cedera. Pelatih yang akrab disapa Djanur itu sempat kebingungan dengan absennya David.

Namun, pilihan menunjuk Osvaldo yang mendapat peran false nine, berbuah manis. Pemain berusia 20 tahun itu menyumbang satu gol dalam laga yang berakhir 4-1 untuk Persebaya itu.

"Osvaldo menjadi striker dan berhasil mencetak satu gol itu adalah hal yang bagus. Jujur, tanpa kehadiran David (da Silva), kami betul-betul tidak memiliki striker yang lain. (Rishadi) Fauzi juga tidak sesuai harapan," ujar Djadjang.

Persebaya sebenarnya memang masih memiliki striker pelapis pada diri Fauzi. Namun, pemain bernomor punggung 26 itu tampil mengecewakan saat Bajul Ijo tumbang 0-1 dari Borneo FC (13/10/2018).

Beberapa kali, Djanur, sapaan karib sang pelatih, berusaha mengutak-atik komposisi timnya jelang melawan Persib. Hasilnya, dia memang terlihat mencoba Osvaldo sebagai striker dalam beberapa kali latihan tim.

"Kami utak-atik komposisi tim dalam dua hari latihan di Surabaya. Pilihan jatuh pada Osvaldo sebagai striker dan cukup berhasil. Walau dia belum menunjukkan kelasnya, dia mampu tampil bagus dan kuat," jelas arsitek tim kelahiran Majalengka itu.

Hanya, Osvaldo kemungkinan tidak akan kembali menjalani peran barunya ini itu di laga berikutnya saat Persebaya menjamu Madura United (25/10/2018). Sebab, Da Silva diprediksi sudah pulih dari cedera dan akan kembali bermain.