Taklukkan Madura United, Persebaya Ukir Torehan Baru

Oleh Aditya Wany pada 26 Okt 2018, 05:00 WIB
Persebaya Surabaya Vs Madura United

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya berhasil meneruskan catatan positif dalam laga Derbi Suramadu. Bajul Ijo menang 4-0 atas Madura United di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis (25/10/2018) malam.

Kemenangan besar Persebaya diawali gol cepat hasil sundulan bek Otavio Dutra saat laga belum genap berjalan 2 menit. Sementara tiga gol lain merupakan hattrick Osvaldo Haay (30’, 48’, dan 90+5’).

Ini kali pertama Persebaya menang dua kali beruntun di Liga 1. Sebelumnya, mereka berhasil meraih tiga poin untuk menggebuk Persib Bandung dengan skor 4-1 pada pekan lalu. 

“Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemain karena kami berhasil menang telak 4-0. Pemain tampil luar biasa malam ini. Banyak hal di luar pertandingan yang memotivasi pemain,” ungkap Djadjang Nurdjaman, pelatih Persebaya. 

Djanur menyatakan gol cepat Dutra menjadi kunci kemenangan anak asuhnya di laga ini. Dia sudah menginstruksikan Rendi Irwan dkk. untuk mencetak gol lebih awal.

“Saya memang menginstruksikan kepada pemain untuk membuat gol cepat. Dengan begitu, lawan akan bermain ofensif dan berikutkan kami bisa lebih mudah untuk masuk ke pertahanan mereka. Itu terjadi dalam pertandingan,” imbuh mantan pelatih Persib itu.

Hasil ini merupakan kemenangan terbesar Persebaya sejak dilatih arsitek yang akrab disapa Djanur itu. Sebelumnya, kemenangan terbesar mereka adalah 4-1 atas Mitra Kukar dan Persib.

“Kami akhirnya memecahkan rekor bisa menang dua kali beruntun. Ketatnya persaingan di bawah untuk menjauh dari zona degradasi juga berpengaruh pada motivasi pemain malam hari ini. Dukungan dari Bonek juga sangat luar biasa, saya ucapkan terima kasih,” ucap pria asal Majalengka itu.

Kemenangan ini menempatkan Persebaya Persebaya di peringkat 10 klasemen sementara. Jumlah poin Bajul Ijo mencapai 35 poin, identik dengan Arema FC, Persipura Jayapura, dan Persela Lamongan. Namun Persebaya unggul selisih gol.