Witan Sulaeman dan 7 Pemain Paling Cemerlang di Fase Penyisihan Grup Versi AFC

Oleh Aning Jati pada 27 Okt 2018, 22:10 WIB
Indonesia U-19 Vs Uni Emirat Arab U-19

Bola.com, Jakarta - Jelang fase perempat final Piala AFC U-19 2018, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) memilih delapan pemain yang dinilai mampu "memanaskan dan meramaikan" babak penyisihan grup dengan penampilan menonjol mereka.

Dari delapan pemain itu, AFC menempatkan satu pemain Timnas Indonesia U-19 dalam daftar, bersanding dengan tujuh pemain dari tujuh negara lain. Pemain itu adalah Witan Sulaeman.

"Pemain termuda di skuat Indonesia juga mampu membuktikan diri sebagai satu di antara pemain paling efektif, punya peran kunci untuk mengakhiri puasa selama 40 tahun untuk bisa tampil lagi di fase gugur Piala AFC U-19," tulis AFC.

"Dua gol saat melawan Chinese Taipei pada laga pembuka, diikuti dengan gol yang menentukan serta gelar Player of the Match pada partai krusial matchday ketiga melawan Uni Emirat Arab, jadi jejak pemain 17 tahun itu dalam turnamen ini."

"Bersama dengan Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, dan pemain bernaluri Todd Rivaldo Ferre, Witan merupakan bagian dari generasi baru yang menarik dari bakat-bakat menyerang Indonesia, satu di antara yang mungkin belum muncul di panggung global Piala Dunia U-20," begitu tulis AFC.

Selain Witan, AFC memilih pemain dari tujuh perempat finalis Piala AFC U-19 2018. Dari Qatar ada Abdulrasheed Umaru. Dia merupakan top scorer sementara turnamen dengan torehan lima gol.

Calon lawan Timnas Indonesia U-19 di perempat final, Jepang, diwakili Taisei Miyashiro. Meski hanya bermain selama 117 menit selama penyisihan grup, AFC tetap memasukkannya dalam daftar lantaran keberadaannya cukup signifikan.

Ia mencetak satu gol penting saat melawan Korea Utara pada matchday pertama Grup B dan melesakkan dua gol ke gawang Thailand pada laga kedua.

Pemain lain pilihan AFC yang masuk daftar adalah Suphanat Mueanta (Thailand), Cho Young-wook (Korea Selatan), Ben Folami (Australia), Turki Al Ammar (Arab Saudi), dan Panshanbe Ehsoni (Tajikistan).

Kiprah mereka di fase perempat final Piala AFC U-19 2018 tentu menarik untuk dinanti. Apakah performa apik yang diperlihatkan di babak penyisihan grup akan berlanjut di fase gugur sekaligus mampu membawa tim masing-masing meraih tiket Piala Dunia U-20 di Polandia pada 2019.

Sumber: AFC