Sukses


Hari Sumpah Pemuda dan Perjuangan Timnas Indonesia U-19 Merebut Tiket Piala Dunia

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 akan menjalani laga penentuan menuju Piala Dunia U-20. Pada perempat final Piala AFC U-19 2018, Witan Sulaeman dkk. bakal meladeni juara bertahan, Jepang.

Duel ini terasa spesial bagi skuat Garuda Nusantara karena digelar bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober. 

Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Sumpah Pemuda merupakan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Jakarta. Keputusan ini menegaskan cita-cita akan Tanah Air Indonesia", Bangsa Indonesia, dan Bahasa Indonesia.

Uniknya, mereka juga akan melawan Jepang di Stadion Utama Gelora Bung Karno, nama stadion yang ditujukan kepada Presiden pertama Indonesia Ir Soekarno.

Pelatih Indra Sjafri memastikan bahwa timnya juga akan menerapkan semangat Sumpah Pemuda untuk mengalahkan Jepang. Pada sesi latihan menjelang laga perempat final, para pemain juga berikrar mengusung perjuangan Sumpah Pemuda di Piala AFC U-19.

"Ini jadi motivasi lebih bagi kami. Seperti diketahui, 28 Oktober adalah Hari Sumpah Pemuda untuk merdeka dari penjajahan. Sekarang kami ingin merdeka dari ketertinggan sepak bola," ujar Indra Sjafri.

Indra menambahkan, anak asuhnya juga membutuhkan dukungan dan doa dari seluruh rakyat Indonesia. Dukungan langsung di stadion juga penting untuk tim Garuda Nusantara.

PSSI memastikan bahwa tiket yang sudah terjual mencapai 55 ribu lembar. Mereka hanya menyediakan 65 ribu lembar sesuai anjuran untuk keamanan. Besar kemungkinan tiket itu akan ludes karena ini bisa jadi pertandingan yang bersejarah bagi sepak bola Indonesia.

Indra juga berpesan kepada suporter, untuk memberi dukungan tak kenal lelah, namun tetap menjunjung tinggi sportivitas.

"Kami harus melangkah dengan semangat untuk Sumpah Pemuda. Jangan ada keraguan. Yang berjuang itu tidak cukup untuk pemain. Kalau 55 sudah terjual, 75 ribu harus hadir. Tapi saya berharap suporter yang hadir tetap santun untuk menunjukkan kultur bangsa Indonesia," ucapnya.

Timnas Indonesia U-19 mengakhiri puasa tidak pernah lolos dari fase gugur Piala AFC U-19 selama 40 tahun. Pada edisi kali ini, timnas Indonesia U-19 mampu lolos ke perempat final setelah menjadi runner-up Grup A.

Video Populer

Foto Populer