PSM Utamakan Pemain Berkarakter Militan saat Menjamu Persija

Oleh Abdi Satria pada 12 Nov 2018, 19:00 WIB
Ferdinand Sinaga

Bola.com, Makassar - Pelatih PSM Makassar, Robert Alberts, mengungkapkan laga menghadapi Persija Jakarta pada pekan ke-31 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Jumat (16/11/2018), sangat krusial buat skuatnya.

Menurut Robert, PSM butuh kemenangan untuk memastikan jarak empat poin dengan Persija Jakarta tetap terjaga. Saat ini, PSM mengoleksi poin 53 atau unggul empat poin dari Persija.

Kalau menang, jarak empat poin tetap aman, meski Macan Kemayoran masih menyimpan satu partai tunda menghadapi Persela Lamongan.

Itulah mengapa, Robert memastikan akan mengutamakan pemain yang memiliki karakter dan kemauan keras untuk menang.

"Saya akan memantau perkembangan pemain dalam latihan sampai jelang pertandingan," kata Robert seusai latihan rutin PSM di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin.

Robert menegaskan ia sudah menekankan ke pemain agar tidak mudah lagi kebobolan. Terutama seperti yang terjadi pada dua laga tandang terakhir, di mana PSM takluk masing-masing 0-3 dari Madura United dan Persebaya Surabaya.

"Kami belajar dari dua partai itu. Di mana kami seperti 'memberikan' gol dengan mudah buat tim lawan," kata Robert.

Lini belakang PSM memang jadi prioritas pembenahan Robert. Pada tiga laga terakhir, PSM kebobobolan delapan gol. "Saya tekankan ke seluruh pemain agar meminimalisir kesalahan individual," tegas Robert.

Robert dan PSM memang patut waspada penuh saat menjamu Persija karena Macan Kemayoran punya Marco Simic yang piawai memanfaatkan kesalahan lini belakang lawan.

 

2 of 2

Duel Krusial

"Marco Simic striker istimewa dengan kemampuan melakukan tembakan dari berbagai sudut," ucap pelatih asal Belanda itu.

Untuk mengantisipasi pergerakan Simic, Robert memberi kepercayaan kepada Steven Paulle. "Steven belajar banyak dari kesalahan yang dibuatnya saat dijamu Persebaya. Saya yakin menghadapi Persija, dia tampil seperti karakternya selama ini," lanjutnya.

Terkait absennya beberapa pemain Persija seperti Maman Abdurrahman, Asri Akbar (akumulasi kartu), Riko Simanjuntak, dan Andritany Ardhiyasa, dinilai Robert tidak berpengaruh banyak.

"Persija memiliki kedalaman skuat yang baik. Mereka juga bagus dalam transisi bertahan dan menyerang. Dan yang utama, mereka juga tahu duel melawan PSM nanti juga krusial. Tentu mereka akan mengeluarkan seluruh kemampuannya," tutur Robert.

Lanjutkan Membaca ↓