3 Pemain Terbaik Pekan ke-31 Liga 1 2018

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 22 Nov 2018, 06:15 WIB
3 Pemain Terbaik Liga 1 2018

Bola.com, Jakarta - Pertandingan pekan ke-31 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak begitu menarik. Menjelang akhir musim, tim-tim yang berkompetisi di kasta tertinggi sepak bola Indonesia bersemangat untuk bisa meraih kemenangan besar. Banyak pemain yang tampil luar biasa di pekan ke-31 Liga 1 2018.

Beberapa pemain berhasil mencetak lebih dari satu gol, atau bahkan mampu mencetak gol sekaligus memberikan assist untuk rekannya di pertandingan yang sama.

Tujuh tim berhasil meraih kemenangan, satu tim di antaranya merebut tiga poin di kandang lawan, yaitu Persebaya Surabaya, yang berhasil menang 5-2 atas Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar (18/11/2018). Namun, bukan hanya Persebaya yang bisa meraih kemenangan dengan margin besar.

Persela Lamongan jadi tim yang meraih kemenangan dengan margin terbesar di pekan ke-31 Liga 1 2018, yaitu ketika menang 4-0 atas Arema (16/11/2018). Sementara, menyusul PS Tira yang menang 3-0 atas Sriwijaya FC (17/11/2018), dan PSIS Semarang yang juga menang 3-0 atas Persib Bandung (18/11/2018).

Beberapa tim besar memang kurang mendapatkan hasil maksimal di pekan ke-31. PSM Makassar dan Persija Jakarta harus puas hanya bermain imbang 2-2 (16/11/2018). Sementara Sriwijaya FC, Bali United, Persib, dan Persipura Jayapura harus menelan kekalahan.

Total 36 gol tercipta dalam sepanjang pekan ke-31 Liga 1 2018 berlangsung. Bola.com pun memilih tiga pemain yang layak untuk menyandang predikat terbaik di laga pekan ke-31.

 

Pemain Liga 1 Indonesia yang Pernah Merumput Bersama Pemain Top Eropa

Tutup Video
2 of 4

David da Silva (Persebaya Surabaya)

David da Silva, Persebaya Surabaya
Striker Persebaya Surabaya, David da Silva, mencetak hattrick ke gawang Mitra Kukar pada laga Liga 1 2018, Sabtu (22/9/2018). (Bola.com/Aditya Wany)

David da Silva mengukuhkan diri menjadi pencetak gol terbanyak untuk sementara dengan 20 gol berkat hattrick yang diciptakannya ke gawang Bali United pada pekan ke-31 Liga 1 2018. Pemain asal Brasil tersebut seakan tidak pernah lelah untuk bermain bagus dalam setiap pertandingan yang dijalani Persebaya.

Bertandang ke Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (18/11/2018), Persebaya berhasil menang telak 5-2. Bahkan Persebaya sempat unggul 4-0 lebih dulu sebelum Ilija Spasojevic membuat kedudukan menjadi 4-1.

Saat unggul 4-0 dalam kurun waktu kurang dari satu jam, David da Silva berhasil mencetak dua gol. Masing-masing diciptakan saat pertandingan baru berjalan delapan menit dan pada menit ke-30.

David Silva bahkan berkontribusi terhadap gol kedua Osvaldo Haay pada menit ke-57 dengan melepaskan sebuah assist yang sekaligus membantu Bajul Ijo unggul 4-0. Sempat dibalas oleh Spasojevic, David da Silva justru kemudian memastikan hattrick pada menit ke-75.

Akhirnya Persebaya menang 5-2 dalam pertandingan tersebut. Berkat hattrick itu, striker berusia 29 tahun itu pun kini kian kukuh di puncak daftar pencetak gol terbanyak Liga 1 2018.

3 of 4

Osvaldo Haay (Persebaya Surabaya)

Osvaldo Haay
Osvaldo Haay semakin percaya diri setelah mencetak dua gol untuk Persebaya. (Bola.com/Aditya Wany)

Tak hanya David da Silva, pemain Persebaya lainnya, Osvaldo Ardiles Haay, layak untuk menjadi yang terbaik pada pekan ke-31 Liga 1 2018. Pemain asal Papua itu berhasil mencetak dua gol dalam pertandingan di kandang Bali United itu.

David da Silva mengawali kontribusi besarnya di laga tersebut lewat assist yang diberikannya kepada David Silva ketika striker asing Persebaya itu mencetak gol kedua pada menit ke-30.

Namun, seakan tidak ingin hanya sebatas memberikan assist, Osvaldo akhirnya berhasil mencetak gol pertamanya di laga tersebut, hanya berselang tiga menit dari gol kedua yang dicetak David Silva.

Unggul 3-o di babak pertama, Persebaya sekaan tidak puas untuk bisa mencetak lebih banyak gol. Hasilnya Osvaldo Haay berhasil membuka keunggulan di babak kedua dengan gol yang dicetaknya pada menit ke-57.

Meski akhirnya gawang Persebaya dua kali bobol lewat gol yang dicetak Ilija Spasojevic dan Melvin Platje, kontribusi luar biasa diperlihatkan Osvaldo Haay yang tergolong pemain muda di skuat Bajul Ijo.

 

4 of 4

Frets Butuan (PSMS Medan)

PSMS Medan Vs Sriwijaya FC
Gelandang PSMS Medan, Frets Butuan, menggiring bola saat melawan Sriwijaya FC pada perebutan tempat ketiga Piala Presiden di SUGBK, Jakarta, Sabtu (17/2/2018). PSMS kalah 0-4 dari Sriwijaya FC. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Jika dua pemain Persebaya sebelumnya layak menjadi yang terbaik karena peran pentingnya dalam membawa Bajul Ijo menang telak 5-2 atas Bali United, kali ini Bola.com memilih pemain yang menjadi terbaik karena mampu menyelamatkan klubnya dari lubang jarum.

Pemain tersebut adalah Frets Butuan, penyerang yang kini memperkuat tim pengisi dasar klasemen sementara Liga 1 2018, PSMS Medan. Frets mampu memperlihatkan kualitas dan mentalitas untuk bisa membawa PSMS terhindar dari kekalahan.

Menghadapi Madura United di Stadion Teladan, Medan, Sabtu (17/11/2018), PSMS sempat tertinggal tiga gol lebih dulu di babak pertama. Namun, tertinggal tiga gol dalam 45 menit pertama tak membuat mentalitas Ayam Kinantan jatuh.

Frets Butuan membangkitkan asa untuk bisa mengejar keunggulan lawan lewat gol yang dicetaknya pada menit ke-47. Gol yang dicetak pemain muda asal Ternate itu berhasil membangkitkan semangat juang Ayam Kinantan.

Hasilnya, setelah Antony Putro Nugroho berhasil kembali memperkecil ketinggalan menjadi 2-3 pada menit ke-54, PSMS mulai bangkit dari keterpurukan. Felipe Martins berhasil mencetak gol ketiga PSMS pada menit ke-59 berkat umpan manis Frets Butuan.

Tanpa kontribusi besar Frets Butuan lewat gol dan assist yang diciptakannya, PSMS dipastikan semakin terpuruk di dasar klasemen. Namun, pemain muda berusia 22 tahun itu begitu profesional untuk bisa membawa timnya bangkit dan berakhir dengan terhindar dari kekalahan.

Lanjutkan Membaca ↓