Sukses


2 Pelatih Ideal untuk Timnas Indonesia Versi Samsul Arif

Bola.com, Banjarmasin - Posisi pelatih kepala Timnas Indonesia, Bima Sakti bisa jadi tak bertahan lama. Itu setelah timnas gagal lolos dari fase grup di Piala AFF 2018.

Beragam spekulasi muncul terkait siapa sosok yang pas jadi penerus pelatih timnas Merah Putih. Striker Barito Putera yang sempat memperkuat timnas senior, Samsul Arif juga punya pandangan dua sosok pelatih yang kompeten di skuat Garuda.

“Saya tidak menyalahkan Coach Bima Sakti. Timnas tidak lolos itu karena banyak faktor. Bukan salah perorangan ke pelatih. Tapi jika memang nantinya ada pergantian pelatih, bagi saya syaratnya pelatih itu harus mengenal sepak bola Indonesia dan punya ilmu kepelatihan yang fresh. Kalau disuruh menyebutkan namanya, saya memilih Simon McMenemy (Bhayangkara FC) dan Jacksen Tiago (Barito Putera),” kata Samsul.

Penyerang 33 tahun asal Bojonegoro ini menilai kedua sosok itu juga punya jam terbang di kancah internasional. Simon sempat jadi pelatih timnas Filipina. Dasar sepak bola Eropa yang dibawanya juga bisa berkembang baik saat ditanamkan di Bhayangkara FC sehingga tim berjulukan The Guardian tersebut jadi juara Liga 1 2017.

Sementara, Jacksen, Samsul justru mengenal lebih dekat lagi. Pria asal Brasil tersebut saat ini jadi pelatihnya di Barito. “Coach Jacksen pelatih yang detail. Dia bisa menerapkan skema permainan secara rinci. Pengalaman internasionalnya juga pernah membawa Persipura ke kancah AFC Cup sampai fase empat besar,” tegasnya.

Kedua nama tersebut menurut Samsul layak mendapatkan kesempatan di timnas senior. Apalagi sekarang prestasi tim senior Indonesia justru berbading terbalik dengan tim kelompok usia. 

“Kalau Timnas Indonesia sudah memiliki pelatih yang tepat, faktor persiapan juga harus lebih matang. Di Piala AFF ini, persiapan Indonesia menurut saya kurang. Jangan menganggap Asian Games juga jadi bagian persiapan untuk Piala AFF. Karena itu beda turnamen. Perubahan pelatih juga mempengaruhi faktor adaptasi,” tegasnya.

Video Populer

Foto Populer