David da Silva: Bhayangkara FC Bukan Mantan Klub Saya

Oleh Aditya Wany pada 23 Nov 2018, 16:45 WIB
David da Silva

Bola.com, Surabaya - David da Silva tampil impresif bersama Persebaya pada musim perdananya di Indonesia. Striker asal Brasil itu sudah membukukan 20 gol dari 20 penampilan di Gojek Liga 1 bersama Bukalapak. 

Sebelum bergabung dengan Persebaya, David telah terlebih dahulu menjadi pemain Bhayangkara FC. Dia bahkan juga sudah tampil ada turnamen pramusim, Piala Presiden 2018, meski tidak tampil istimewa. 

Kebetulan, kedua tim yang pernah terlibat dualisme itu bakal adu kekuatan memasuki pekan ke-32 Liga 1. Duel tersebut digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin malam (26/11/2018). 

Kali ini, David menolak anggapan bahwa dia merupakan pemain yang pernah membela Bhayangkara. Buatnya, klub berjulukan The Guardian itu memang bukanlah mantan klubnya.

“Bhayangkara FC bukan mantan klub saya. Saya tidak pernah bertanding untuk mereka dalam pertandingan resmi. Apakah pertandingan Piala Presiden masuk hitungan? Tidak. Itu adalah turnamen tidak resmi,” kata David da Silva kepada Bola.com.

“Coba lihat Neymar atau Messi. Mereka melakoni pertandingan pramusim sebagai persiapan di liga domestik atau Liga Champions. Sama seperti saya. Saya menganggap memulai karier di Indonesia bersama Persebaya karena laga resmi bersama klub ini. Bagi saya, klub yang saya bela adalah saat saya tim di liga profesional,” imbuhnya. 

Makanya, David tidak merasa memiliki ikatan emosional saat berjumpa dengan Bhayangkara nanti. Dia juga tidak merasa terbebani untuk bisa membuktikan dirinya sebagai salah satu striker tajam di Indonesia saat ini. 

Lagi pula, statusnya sebagai top scorer sementara Liga 1 sudah lebih dari cukup untuk menunjukkan kualitasnya. Bagi David, Bhayangkara tak ubahnya dengan klub lain yang juga harus dikalahkan oleh Persebaya. 

“Untuk apa saya tidak mencetak gol ke gawang Bhayangkara? Saya setiap pertandingan selalu ingin mencetak gol. Bhayangkara sama saja seperti tim lain. Kami harus bekerja keras untuk menang,” imbuhnya.

Pada putaran pertama lalu, David sukses mencetak satu gol dan melakukan selebrasi di Stadion PTIK, Jakarta, 11 Juli 2018. Saat itu, Bhayangkara dan Persebaya harus rela berbagi angka karena skor berakhir 3-3.