PSSI Pastikan Pelatih Timnas Indonesia Sudah Jelas saat Kongres Tahunan

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 25 Nov 2018, 22:15 WIB
Joko Driyono, Ratu Tisha Destria, PSSI

Bola.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, mengungkapkan penunjukan pelatih Timnas Indonesia di semua level akan dilakukan paling cepat pada 20 Desember 2018. Joko Driyono memastikan ketika Kongres Tahunan PSSI yang digelar pada 20 Januari 2019, Timnas Indonesia di semua kategori usia sudah mendapatkan kejelasan terkait pelatih yang menangani.

Komite Eksekutif (Exco) PSSI melakukan rapat di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (25/11/2018) sore, jelang pertandingan antara Timnas Indonesia kontra Filipina yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu malam. Dalam rapat kali ini, Exco PSSI menentukan bahwa Kongres Tahunan PSSI akan digelar pada 20 Januari 2019.

Pembahasan terkait Timnas Indonesia pun masuk dalam agenda rapat Exco. Namun, evaluasi baru akan dilakukan setelah Tim Garuda benar-benar menyelesaikan kiprah di Piala AFF 2018.

Kegagalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 tampaknya membuat Bima Sakti akan kehilangan posisinya sebagai pelatih Tim Garuda. Namun, PSSI tak ingin terburu-buru untuk menentukan kelanjutannya.

Joko Driyono menegaskan paling cepat penunjukan pelatih Timnas Indonesia baru bisa ditentukan pada 20 Desember, sehingga saat kongres digelar pada 20 Januari 2019 sudah ada daftar pelatih yang akan menangani semua tim nasional dari segala kategori usia, terutama karena adanya agenda Timnas Indonesia yang digelar pada Februari dan Maret 2019.

"Dengan sesegera mungkin akan kami sampaikan hasilnya karena itu mejadi referensi untuk penyusunan program PSSI pada 2019, terutama untuk event-event yang digelar pada tahun depan, seperti SEA Games, Kualifikasi Piala Asia U-23, Piala AFF U-22 dan sebagainya," ujar Joko Driyono.

"Ada timeline untuk melakukan pembahasan pada 7 Desember di level departemen-departemen di dalam PSSI. Exco PSSI akan melakukan rapat terakhir saat itu. Paling cepat pada 20 Desember sudah ada hasilnya, dan 20 Januari paling tidak sudah menunjuk pelatih di semua level tim nasional," lanjutnya.

Piala AFF U-22 akan menjadi turnamen pertama yang diikuti oleh Timnas Indonesia pada 2019, di mana turnamen perdana di level U-22 itu akan digelar pada Februari 2019. Setelah itu, Timnas Indonesia yang mengikuti turnamen tersebut akan melanjutkan kiprah dengan mengikuti Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 yang digelar pada Maret 2019.