Semifinal Liga 2: Kalteng Putra Sebut PSS Sudah 90 Persen Promosi ke Liga 1

Oleh Aning Jati pada 27 Nov 2018, 13:45 WIB
Diperbarui 27 Nov 2018, 13:45 WIB
Pelatih Kalteng Putra FC, Kas Hartadi
Pelatih Kalteng Putra FC, Kas Hartadi, saat pertandingan melawan PSMS Medan pada laga Liga 2 Indonesia di Stadion Patriot, Bekasi, Kamis, (9/11/2017). PSMS Medan menang 2-1 atas Kalteng Putra FC. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Sleman - Satu tiket otomatis promosi ke Liga 1 2019 akan diperebutkan oleh PSS Sleman dan Kalteng Putra melalui semifinal leg kedua di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (28/11/2018).

Kedua tim bermain 0-0 pada pertemuan pertama di markas Kalteng Putra, Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya (25/11/2018).

Psywar mulai dilancarkan Kalteng Putra. Komentar menggelitik dilontarkan pelatih Kalteng Putra, Kas Hartadi, menjelang pertandingan krusial melawan PSS di Sleman. Mantan pelatih Sriwijaya FC itu bahkan memberi ucapan selamat atas keberhasilan PSS promosi ke Liga 1.

"Saya ucapkan selamat untuk PSS yang sudah 90 persen lolos ke Liga 1 musim depan. Saya tahu PSS memiliki kesiapan, baik stadion, suporter, serta materi pemain yang betul-betul layak untuk ke Liga 1," ujar Kas Hartadi dalam sesi konferensi pers di Stadion Maguwoharjo, Selasa (27/11/2018).

Ucapan Kas Hartadi bukan tanpa alasan. Ia menyebut PSS tim yang paling punya peluang menembus kasta tertinggi Indonesia musim depan dengan dukungan berbagai aspek yang tidak dimiliki kontestan lain di Liga 2 saat ini, seperti materi pemain, suporter, dan sarana prasarana pendukung lain.

PSS dinilai memiliki kedalaman skuat yang baik di musim ini. Sosok Cristian Gonzales menjadi tumpuan utama PSS sejak didatangkan dari Madura United. El Loco menjadi sumber gol bagi PSS. Sejauh ini mantan striker Arema dan Persib itu telah mengoleksi 12 gol, termasuk hattrick dua kali beruntun pada babak 8 besar.

"Besok mereka berstatus sebagai tuan rumah, artinya secara kepercayaan diri tentu lebih dari kami. Namun, bukan berarti kami juga tidak percaya diri. Kami tetap akan berjuang. Bagaimanapun juga kami dan PSS bersaudara dan sama-sama ingin lolos. Besok adalah pembuktikan siapa yang lebih baik," imbuh pelatih asal Solo itu.

Hasil imbang tanpa gol pada pertemuan pertama, membuat Kalteng Putra hanya membutuhkan hasil imbang dengan catatan mencetak gol di Stadion Maguwoharjo demi lolos ke final dan promosi ke Liga 1.

Dengan begitu, Kalteng Putra akan lolos dengan keuntungan gol tandang. Sementara PSS wajib menang dalam pertandingan nanti. (Vincentius Atmaja)