Sukses


Pelatih Persija Ungkap Alasan Mainkan Rezaldi Hehanussa di Posisi Ismed Sofyan

Bola.com, Jakarta - Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra Teco, untuk kedua kalinya memainkan Rezaldi Hehanussa di posisi bek kanan saat menghadapi Bali United, Minggu (2/12/2017). Padahal di bangku cadangan, ada Ismed Sofyan yang tidak ada masalah apa pun.

Rezaldi sebelumnya pernah dimainkan di posisi bek kanan saat Persija memainkan laga tunda pekan ke-26 Liga 1 2018 pada 20 November 2018. Saat itu, pemain muda yang akrab disapa Bule itu sukses mencetak sebuah gol cantik dari sisi kanan lapangan.

Saat itu, Bule dimainkan di posisi bek kanan karena Ismed Sofyan harus menjalani sanksi larangan bermain dari Komisi Disiplin PSSI. Namun, Bule membuat pembuktian luar biasa dan mampu bermain baik di sisi sayap sebaliknya dari posisi biasa ia dimainkan.

Dalam laga kontra Bali United, lagi-lagi Bule dimainkan oleh Teco di sisi kanan pertahanan. Sementara itu, Ismed Sofyan dibangkucadangkan oleh pelatih asal Brasil itu. Persija menang 2-1 dalam pertandingan tersebut. Teco pun memberikan penjelasan terkait strategi yang diterapkannya itu.

“Mungkin ini pertama kali saya tidak mainkan Ismed saat dia fit dan bisa bermain. Namun, sebagai kapten dia tahu memiliki tanggung jawab agar permainan tim bisa berjalan dengan baik. Ismed mau bermain, tapi dia respek siapa pun yang dipercaya bermain,” ujar Teco.

“Saya berpikir Stefano Lilipaly akan bermain di sisi kiri karena dia sering bermain di posisi itu. Bule memiliki kaki kiri yang bagus dan akan lebih baik untuk melakukan penjagaan terhadap Lilipaly. Walau ternyata Lilipaly main di posisi striker kedua, kami sudah susun pemain, jadi tidak masalah,” lanjutnya.

Teco mengakui pemain muda yang kerap menjadi andalan Timnas Indonesia itu memang sudah terbukti mampu bermain di luar posisi aslinya.

“Bule bisa bermain di kiri dan kanan dan punya kaki yang bagus untuk melakukan umpan silang. Ketika dia harus masuk ke tengah dari sisi kanan, ia bisa melepas tembakan dengan kaki kiri, seperti ketika ia main di kiri dan mencetak gol terbaik di Piala AFC yang ia lakukan dengan tendangan kaki kanan,” ujar Teco.

Stefano Teco juga menilai Rezaldi memiliki teknik dan sentuhan bagus, serta fisik yang prima. 

Video Populer

Foto Populer