Juara Liga 1 2018 Ditentukan pada Pekan Terakhir, di Mana Trofi Akan Berada?

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 04 Des 2018, 22:15 WIB
Perburuan Gelar Liga 1 2018 PSM Makassar Vs Persija Jakarta

Bola.com, Jakarta - Perburuan gelar Gojek Liga 1 bersama Bukalapak bakal berlangsung sampai pekan ke-34. Sejauh ini, perburuan masih diikuti dua tim, yakni Persija Jakarta dan PSM Makassar.

Mengacu pada klasemen sementara Liga 1 2018 sampai pekan ke-33, Persija bertengger di puncak klasemen dengan raihan 59 poin. Adapun PSM mengintip di bawahnya dengan selisih satu poin.

Pada pekan ke-34 sebagai penutup musim 2018, kedua tim sama-sama menggelar laga kandang. Persija akan menjamu Mitra Kukar di tempat yang belum ditentukan, sedangkan PSM bakal menghadapi PSMS Medan di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar.

Kedua laga tersebut akan digelar serempak pada Minggu (9/12/2018). Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya upaya pengaturan skor pada tim-tim yang terlibat dalam perburuan gelar juara maupun zona degradasi.

Melihat Persija dan PSM yang masih punya peluang, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator belum memutuskan di pertandingan mana akan diletakkan trofi. Seperti diketahui, trofi itu akan diserahkan sebagai bagian selebrasi tim juara.

Media and Public Relation Manager PT LIB, Hanif Marjuni, Hanif Marjuni, menyebut pihaknya akan menentukan hal itu dalam waktu dekat.

"Untuk hal itu kami belum putuskan. Saat ini masih fokus pada laga final Liga 2," singkat Hanif Marjuni ketika dihubungi Bola.com, Selasa (4/12/2018).

Gelar Liga 1 2018 tentu saja sangat berarti untuk kedua tim. Seperti diketahui, PSM terakhir kali menjadi juara pada 2000 dan Persija angkat trofi Liga Indonesia terakhir pada 2001.

Sejauh ini Persija Jakarta memang memiliki peluang lebih besar menjadi juara Liga 1 2018 karena unggul satu poin atas PSM. Berkaca pada liga-liga top dunia, kemungkinan besar trofi asli Liga 1 bakal diletakkan di kandang Persija, sedangkan yang replika ditempatkan di kandang PSM.