Sukses


2 Pengamat Soroti Dominasi Pemain Asing dalam Nomine Pemain Terbaik Liga 1

Bola.com, Surabaya - Dominasi pemain asing dalam nomine pemain terbaik Gojek Liga 1 bersama Bukalapak mendapat sorotan dari sejumlah pengamat asal Jatim.

Ada tiga pemain asing yang masuk dalam kategori tersebut, David Aprecido da Silva (Brasil), Willem Jan Pluim (Belanda), dan Rohit Chand (Nepal).

Mantan pelatih Persis Solo, Freddy Muli angkat bicara mengenai dominasi pemain asing di kategori tersebut. "Saya pikir pemilihan tiga nomine ini berdasarkan prestasi individu dan timnya. Saya pikir ketiganya memiliki kepantasan," ujar Freddy.

Namun, menurut Freddy, alangkah baiknya bila pemain terbaik tidak harus dari dua tim teratas dan top scorer. Tapi ada aspek lain yang bisa dijadikan acuan.

"Di PSM atau Persija itu ada pemain-pemain lokal yang juga bersinar. Seharusnya mereka bisa dimasukkan. Kalau David da Silva, saya pikir dia memang layak," ujar Freddy.

Hal yang sama dilontarkan oleh Hanafing. Eks pelatih PSM Makassar itu menyatakan kurang tepat bila semua nomine pemain terbaik pemain asing.

"Saya pikir di Persija ada Riko Simanjuntak yang selalu tampil apik dan memiliki kontribusi besar terhadap pencapaian Persija saat ini," terang Hanafing.

Soal dua nomine lainnya dihuni pemain asing tidak masalah. Namun yang terpenting ada satu repesentasi pemain lokal klub Liga 1 yang masuk. "Bukan saya mengesampingkan Rohit, tapi Riko saya pikir cukup layak. Setidaknya itu juga untuk pemicu pemain lokal lainnya," terang Hanafing.

Video Populer

Foto Populer