Sukses


Kesan Supardi Nasir Jadi Kapten Persib Selama Musim 2018

Bola.com, Bandung - Supardi Nasir selalu menjabat sebagai kapten tim Persib jika diturunkan pelatih Mario Gomez selama musim 2018. Menyandang ban kapten menjadi kali pertama sekaligus pengalaman bagi Supardi selama memperkuat Persib.

Menjadi kapten tim, menurut Supardi, bukan sebuah hal yang mudah. Ia berujar, jabatan itu memiliki tugas yang berat, baik ketika di dalam lapangan maupun luar lapangan.

"Saya ambil pelajaran ketika ditugasi sebagai kapten untuk menjaga kondusivitas di dalam tim. Saya harus total di situ, bagaimana pun, tim ini harus saya jaga," kata Supardi di Bandung, Jumat (7/12/2018).

Supardi menambahkan tugas sebagai kapten tim, tidak hanya berat di dalam lapangan saja, tetapi di luar lapangan pun banyak hal yang harus dijaga.

"Tapi, saya percaya di tim ini bukan saya saja yang kapten. Sebenarnya semua jadi kapten, cuma saya penyambung lidah. Siapapun jadi kapten sebenarnya tidak masalah, selama dia total untuk tim," kata pemain bernomor punggung 22 di Persib ini.

"Totalitas, bukan loyalitas, harus dibedakan. Artinya, total benar-benar total yang harus kami kerjakan karena kapten sama dengan musafir. Kami pergi, harus satu orang pergi (mewakili), jadi semua harus mengikuti kapten. Kalau saya lebih ke musyawarah jika ada keputusan yang harus diambil, dan Alhamdulillah teman-teman respek, itu yang penting," tambah Supardi.

Meski baru merasakan sebagai kapten tim di Persib, pemain yang cukup senior di suat Maung Bandung ini mengaku tidak terlalu kaget ketika mendapat kepercayaan menjadi kapten.

"Kaget sih tidak, itu hal yang biasa. Cuma, yang jadi luar biasa ketika menjalankan tugas itu. Kalau kapten biasa tinggal letakkan itu (ban kapten), tapi ketika mendapat tugas, kami harus tahu, itu yang penting dan harus dipahami sebagai kapten," ucap Supardi.

Video Populer

Foto Populer